Berita Nasional Terpercaya

Presiden Bolehkan Lepas Masker, Begini Kata Sekda DIY

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Pemda DIY meminta masyarakat DIY untuk tidak bereuforia seiring diperbolehkannya lepas masker di ruang terbuka. Di kawasan ramai seperti Malioboro yang selalu ramai disarankan untuk tetap mengenakan masker.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji menjelaskan, keputusan Presiden yang membolehkan warga membuka masker di luar ruangan tentu berdasarkan kajian, terutama terkait dengan antibodi di Indonesia sudah cukup baik. Ia berharap DIY juga sudah memiliki antibodi yang baik sejalan angka positif COVID-19 sudah menurun drastis dibandingkan jumlah penduduk DIY.

“Bahkan saat kami pantau setelah adanya kerumunan libur Lebaran itu juga tidak ada peningkatan signifikan. Semoga saja memang sudah tidak ada penularan,” katanya, Kamis (18/5/2022).

Baca juga: Sebagai Percontohan New Normal, DIY Belum Siap

Ia mengatakan sesuai keputusan Presiden bahwa hal itu diperbolehkan, jika masyarakat masih ada yang belum percaya diri untuk tidak memakai masker, lebih baik tetap mengenakannya. Selain itu masyarakat tidak perlu bereuforia dengan kebijakan buka masker ini. Aji meminta masyarakat tetap hati-hati karena jika tidak menggunakan disarankan pada luar ruangan dan tidak banyak orang.

“Jadi luar ruangan sekalipun kalau banyak orang ya sebaiknya memakai. Yang namanya copot pasang itu kan jadi lupa, ya sudah pakai saja enggak apa-apa. Tetapi kalau memang yakin bahwa aktivitasnya tidak banyak berkumpul orang ya silahkan saja karena memang sudah diperbolehkan,” ujarnya.

Baca juga: Tingginya Jumlah Testing, Diakui Pemda DIY Kurangi Positivity Rate

Pemda DIY menurut dia tidak membuat kebijakan khusus terkait lepas masker di kawasan Malioboro. Aji berpendapat, masyarakat tentu sudah dapat mengukur ketika banyak pengunjung di Malioboro maka akan memakainya. Tetapi saat pengunjung dalam kondisi sepi maka mereka boleh melepas masker.

“Persoalannya Malioboro ini kan banyak ramainya, sehingga kalau ke Malioboro kami menyarankan lebih baik memakai saja demi keamanan bersama,” katanya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.