Berita Nasional Terpercaya

Kemenkes Sebut Semua Kasus Hepatitis Misterius Tak Memiliki Riwayat Covid-19

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan belasan pasien yang diduga terinfeksi hepatitis akut misterius tidak memiliki riwayat Covid-19. Pernyataan itu berdasarkan tes PCR terhadap pasien dan dinyatakan negatif Covid-19.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril mengatakan, 14 pasien yang diduga terinfeksi hepatitis akut misterius tidak memiliki riwayat Covid-19. “Enggak ada data riwayat Covid-19, setelah diperiksa semuanya negatif,” ujarnya, Rabu (18/5/2022).

Baca Juga Mendagri Ajak Seluruh Daerah Kelola Sampah Dengan Baik

Lanjut tambahnya, sampai saat ini, Kemenkes belum dapat mendeteksi penyebab hepatitis akut misterius tersebut. Ia pun menyatakan sampai saat ini belum ada kasus yang secara resmi berstatus terkonfirmasi.

Syahril mengatakan Indonesia dan negara-negara dunia lain masih menunggu keputusan Badan Kesehatan Dunia (WHO). “Belum ditemukan patogen yang spesifik. Dan di luar negeri pun belum menyebutkan penyebab patogen apa yang menjadi penyebab,” katanya.

Baca Juga Penembakan Dan Ledakan Bom Mewarnai Pilpres Filipina

Gejala penyakit hepatitis misterius yang menonjol di Indonesia adalah demam (78,6 persen), kemudian diikuti hilangnya nafsu makan (78,6 persen), muntah-muntah (71,4 persen), mual (64,3 persen), dan jaundice atau warna kekuningan pada kulit dan lapisan mukosa (70,21 persen). “Untuk jaundice-nya di Indonesia cuma berapa bersen itu. Padahal itu adalah gejala yang paling khas dari hepatitis akut,” ujar Syahril.

Syahril menyebut total kasus hepatitis akut misterius di Indonesia saat ini berjumlah 14 kasus. Ia menjelaskan, dari jumlah tersebut, sebanyak 13 kasus berstatus pending dan satu berstatus probable. Sebelumnya Kemenkes mencatat ada 18 kasus hepatitis misterius di Indonesia. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.