Berita Nasional Terpercaya

Kominfo Dorong Anak Muda Kuasai Teknologi Digital

1

SLEMAN, BERNAS.ID – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate mengundang anak muda yang memiliki talenta dalam bidang teknologi digital untuk mengikuti program Academy Digital Talent Scholarship. Ia mengatakan, Kominfo saat ini menyediakan kuota sebanyak 200 ribu peserta secara gratis ikut dalam pelatihan yang dibiayai oleh APBN tersebut.

Menurutnya pelatihan pendidikan literasi digital ini diperuntukan bagi generasi millenial yang memiliki ketertarikan dalam teknologi digital. Nantinya, selama mengikuti pelatihan, peserta akan diajarkan tentang keamanan siber, kecerdasan buatan, big data, komputasi awan, virtual reality.

Baca Juga Militer Rusia Latihan Tembak Rudal Nuklir

Johnny menyebut pelatihan teknologi digital ini dalam rangka memenuhi kebutuhan talenta digital nasional. “Lebih dari  200 ribu kuota talent scholarship tahun 2022 ini diberikan cuma-cuma bagi seluruh peserta,” kata Menkominfo saat membuka Talkshow Digital Expert yang bertajuk Unpacking The Metaverse: Akselerasi Literasi Digital dalam Menyambut Masa Depan, di Grha Sabha Pramana UGM, Rabu (18/5/2022).

Menurut Menteri, teknologi informasi dan komunikasi merupakan tulang punggung dalam pengembangan teknologi digital dalam menjawab tantangan kekinian. Bila sebelumnya teknologi jaringan 2G terdahulu sebatas kemampuan teknologi pada telepon genggam bergerak, lalu  hadir teknologi 3G menghubungkan telepon genggam ke internet.

“Setelah itu digantikan 4G yang memberikan layanan broadband dan komputer pada genggaman kita, kini masuk ke era jaringan 5G yang memiliki kecepatan dan kualitas internet lebih tinggi, latensi yang lebih rendah dan konsums-u energi lebih efisien,” paparnya.

Ia menyebutkan teknologi 5G di Tanah Air tengah dibangun secara bertahap yang saat ini sudah tersedia di 13 kota di Indonesia. Adanya pengalihan siaran TV analog ke digital pada November tahun ini serta alokasi frekuensi 700 MHz, diharapkan memperluas pemanfaatan teknologi 5G.

“Diproyeksikan peralihan ke 5G pemanfaatan spektrum 700 MHz akan memberikan manfaat dengan penciptaan 4,6 juta pekerjaan baru di bidang 5G dan memberikan dampak ekonomi sebesar Rp 784 triliun dalam tahun 2030,” jelasnya.

Baca Juga Mendagri Ajak Seluruh Daerah Kelola Sampah Dengan Baik

Soal pengembangan teknologi, Johnny mengutip para ahli yang memperkirakan seperempat penduduk dunia nantinya akan menghabiskan satu jam per hari di dunia metaverse, sebab semakin pesatnya teknologi metaverse di tingkat global. Bahkan negara seperti Tiongkok, Korea Selatan serta Barbados sudah memanfaatkan teknologi tersebut.

Sementara di Indonesia menurutnya sudah dimulai oleh pihak swasta. Ia berharap banyak kalangan yang menggunakan teknologi tersebut.

“Kita tentu juga berharap ibu kota negara baru kita didukung dengan teknologi metaverse, karena itu menyiapkan keseluruhan perangkat digital,” ungkapnya.

Terkait infrastruktur digital, Kominfo mendorong percepatan pembangunan pembangunan jaringan fiber optik yang saat ini panjangnya mencapai 459 ribu kilometer disamping proyek pembangunan palapa ring untuk menghubungkan konektivitas antarpulau di Indonesia. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.