Berita Nasional Terpercaya

Jepang Tuntut China Berperan Terkait Agresi Rusia di Ukraina

0

JEPANG, BERNAS.ID – Jepang menuntut China untuk bertanggungjawab terkait invasi Rusia di Ukraina. Sampai saat ini, China menolak mengecam agresi Rusia ke Ukraina.

Tuntutan itu disampaikan Menteri Luar Negeri Jepang, Yoshimasa Hayashi seperti dalam pemberitaan AFP. Hayashi menuntut Beijing untuk memainkan peran yang bertanggung jawab atas invasi Rusia di Ukraina guna menjaga perdamaian dan keamanan internasional.

Baca Juga Militer Rusia Latihan Tembak Rudal Nuklir

Hayashi menyampaikan tuntutan itu kepada Menteri Luar Negeri China, Wang Yi. “Invasi Rusia merupakan pelanggaran yang jelas atas Piagam PBB dan hukum internasional lain,” ucapnya dikutip dari AFP.

Desakan Hayashi merupakan perbincangan pertama antara Hayashi dan Wang Yi dalam enam bulan terakhir. Jepang sendiri telah bergabung dengan Blok Barat dan menjatuhkan sanksi berat ke Rusia.

Baca Juga Penembakan Dan Ledakan Bom Mewarnai Pilpres Filipina

Pembicaraan dengan Menlu China tersebut dilakukan beberapa hari sebelum Presiden Amerika Serikat Joe Biden dijadwalkan tiba di Jepang pekan ini. Agendanya Biden bakal bertemu dengan Perdana Menteri Fumio Kishida dan menghadiri pertemuan Quad bersama India dan Australia.

Namun, sampai saat ini, Jepang dan China menjalin hubungan dekat karena China merupakan mitra dagang terbesar Jepang. Jepang terus berupaya tak terseret konflik Beijing dan Amerika Serikat. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.