Berita Nasional Terpercaya

Wakil Bupati Sleman Ingin Jathilan Sleman Berciri Khas

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Dinas Kebudayaan Kabupaten (Kundha Kabudayan) Sleman menggelar Festival Jathilan Kabupaten Sleman Tahun 2022 di Gedung Kesenian Sleman, Sabtu (21/5/2022). Untuk peserta, tercatat ada 17 grup seni tari Jathilan mewakili 17 Kapanewon di Kabupaten Sleman.

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa berharap grup Jathilan yang akan tampil dapat melahirkan seniman-seniman muda sekaligus menjaga kelestarian seni tari Jathilan di Kabupaten Sleman.

“Festival kesenian Jathilan ini memberikan ruang dan motivasi bagi seluruh pelaku kesenian Jathilan untuk lebih berkreasi untuk mengembangkan kesenian Jathilan di Sleman,” tuturnya.

Baca Juga Pemda DIY Diminta Bertanggung Jawab Kelola Sampah Secara Profesional

Danang pun berharap Jathilan Sleman memiliki ciri khas yang nantinya dapat memiliki hak paten. “Saya berharap Jathilan Sleman berbeda dan memiliki ciri khas tersendiri, sehingga nantinya memiliki hak paten dan dapat mengharumkan nama Kabupaten Sleman tentunya,” ucapnya.

Baca Juga Mendagri Ajak Seluruh Daerah Kelola Sampah Dengan Baik

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Sleman, Edy Winarya mengatakan Festival Jathilan Kabupaten Sleman Tahun 2022 dibiayai oleh Dana Keistimewaan DIY. “Festival bertujuan untuk menggali dan menjaring potensi seniman yang ada ditingkat masyarakat, serta sebagai wujud perhatian Pemkab Sleman terhadap kelestarian seni,” pungkasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.