Berita Nasional Terpercaya

Presiden AS, Joe Biden Akan Bertemu Kim Jong Un, Pemimpin Korut

0

AS, BERNAS.ID – Presiden AS, Joe Biden akan bertemu dengan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un di sela kunjungannya ke Seoul, Korea Selatan, Sabtu (21/5/2022). Perjalanan Biden ke Asia bertujuan untuk menopang hubungan ekonomi dan keamanan dengan sekutu regional, Korea Selatan yang telah dibayangi oleh ancaman uji senjata Korea Utara.

Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden mengatakan setiap pertemuan potensial dengan Kim Jong Un tergantung pada ketulusan Pimpinan Korea Utara tersebut. Dalam konferensi pers Biden bersama dengan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol mengatakan pertemuan dengan Kim Jong Un, “Akan bergantung pada apakah dia (Kim Jong Un) tulus,” tuturnya.

Baca Juga Militer Rusia Latihan Tembak Rudal Nuklir

Diketahui, Amerika Serikat dan Korea Selatan telah memperingatkan selama berminggu-minggu bahwa Korea Utara dapat melakukan uji coba nuklir kapan saja. Washington juga mengatakan uji coba senjata dapat dilakukan ketika Biden berada di wilayah tersebut.

Dalam pertemuannya, Joe Biden dan Yoon Suk-yeol mengumumkan keduanya akan meningkatkan latihan militer bersama. Inilah yang selalu membuat marah Korea Utara karena memandangnya sebagai latihan untuk invasi. “Kami juga mendiskusikan apakah kami perlu membuat berbagai jenis latihan bersama jika terjadi serangan nuklir,” kata Yoon seperti diberitakan AFP.

Baca Juga Penembakan Dan Ledakan Bom Mewarnai Pilpres Filipina

Sebelumnya, pendahulu Biden, Donald Trump bertemu Kim untuk diplomasi tingkat tinggi, tetapi pembicaraan gagal pada 2019. Pyongyang telah melakukan serangkaian uji coba senjata pada tahun ini, termasuk menembakkan rudal balistik antarbenua dari jarak penuh. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.