Berita Nasional Terpercaya

Jokowi Beri 4 Catatan Terkait Mudik 2022

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Presiden Joko Widodo memberikan empat catatan terkait pelaksanaan mudik Lebaran 2022. Menurutnya, empat catatan evaluasi mudik tersebut diperlukan agar pelaksanaan mudik di tahun-tahun mendatang lebih baik.

“Pertama, harus terus menyempurnakan kebijakan agar mudik tahun depan semakin baik. Kedua, pemerintah diminta terus menyempurnakan manajemen rekayasa lalu lintas,” ujar Jokowi di Istana Kepresidenan, Selasa (24/5/2022).

Baca juga: Mudik Bakauheni-Merak 2022, 808 Ribu Ke Sumatera, 354 Ribu Ke Jawa

“Mulai dari manajemen ganjil genap, one way, contra flow di jalan tol maupun di non tol sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan. Dan juga tersedianya rest area yang representatif dan mencukupi jumlahnya,” jelas Jokowi.

Ketiga, berkaitan dengan pelabuhan penyeberangan, Presiden menilai perlu ada perluasan kapasitas penampungan kendaraan menuju pelabuhan penyeberangan.

Baca juga: Tips Aman Dan Sehat Mudik Lebaran 2022

Waktu antri kendaraan untuk naik angkutan penyeberangan harus dipangkas serta penambahan kapal penyeberangan dan perluasan dermaga yang padat seperti di Pelabuhan Merak harus dilihat secara detail lagi.

“Kemudian yang keempat, mengenai jalan non tol di jalur selatan ini coba dilihat lagi secara lebih detail, mengenai sarana dan prasarana, SPBU, penerangan, rest area, saya kira memang harus disiapkan untuk mudik tahun depan,” tegas Jokowi.

“Saya kira ini sebuah alternatif yang bagus dan terakhir terus perbaiki berbagai fasilitas yang ada di bandara, di pelabuhan, di terminal, dan stasiun. Terutama untuk fasilitas rest area, kemudian penambahan kapasitas angkutan kereta api saat mudik, kemudian juga maksimalkan pelaksanaan mudik gratis. Saya rasa kalau ini dilakukan, tahun depan kita akan lebih baik lagi,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, presiden menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang melakukan mudik Lebaran 2022 secara tertib.

Presiden juga mengapresiasi masyarakat yang mematuhi protokol kesehatan dan rekayasa lalu lintas selama periode arus mudik dan balik.

“Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya Kepada seluruh masyarakat yang telah melaksanakan mudik dengan tertib, mengikuti anjuran serta aturan pemerintah baik terkait dengan protokol kesehatan terkait dengan vaksinasi dan rekayasa lalu lintas yang kita lakukan,” ujar Jokowi.

“Sehingga Alhamdulillah mudik kemarin berlangsung aman dan sehat tanpa ada peristiwa yang berakibat fatal, serta tidak ada penambahan kasus COVID-19 yang berarti,” tegasnya.

Presiden pun menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya pada Polri, TNI, Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Kementerian Agama dan Kementerian BUMN yang bekerja di lapangan.

Selain itu, apresiasi juga disampaikannya kepada berbagai pihak yang telah berjuang keras mengatur arus mudik serta arus balik sehingga bisa berjalan dengan baik. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.