Berita Nasional Terpercaya

Pemakaian Masker Dilonggarkan, Dispar DIY Minta Masker Tetap Dipakai di Event Outdoor

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY Singgih Raharjo menerangkan, meski pun saat ini sudah ada kebijakan pelonggaran pemakaian masker dari Pemerintah Pusat, namun penyelenggaraan event di DIY tetap harus diawasi secara ketat, terutama dari sisi protokol kesehatan (prokes). Ini termasuk event di ruang terbuka (outdoor) yang berpotensi mengundang kerumunan pengunjung.

Ia berpendapat, penggunaan masker dalam event di ruang terbuka sebaiknya tetap dilakukan. Penyelenggara acara disarankannya tetap melakukan pemantauan terhadap kondisi tersebut, untuk mengantisipasi penularan COVID-19.

“Kalau memang kerumunannya sampai berjubel-jubel pemakaian masker harus diterapkan. Sebelum masuk [ke arena event] harus cuci tangan dulu. Ini kan pola hidup sehat jadi tetap harus diterapkan,” katanya, Rabu (25/5/2022).

Baca juga: Begini Cara DIY Genjot Lama Tinggal Wisatawan

Terkait penggunaan aplikasi Peduli lindungi sebagai salah satu deteksi dini, ia menerangkan, secara aturan memang itu masih diterapkan. Singgih mengatakan, dalam pengamatannya selama kasus melandai akhir-akhir ini masih banyak tempat wisata yang tetap menerapkan scan QR Code PeduliLindungi. Namun ia mengakui masih ada di beberapa tempat yang sudah mulai kendor penerapan deteksi dini lewat aplikasi tersebut.

Baca juga: Hotel Terisi, Bukti Wisatawan Sudah Percaya Diri Datang Ke Jogja

“Saya berharap ini [penggunaan PeduliLindungi] bisa terus diterapkan, sehingga dapat memantau situasi [kondisi pengunjung] yang ada,” imbuhnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.