Berita Nasional Terpercaya

Dealing With Anxiety: Being Stronger Than Ever

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Universitas Mahakarya Asia kembali menyelenggarakan seminar online atau webinar Open House dengan mengusung tema “Dealing With Anxiety: Being Stronger Than Ever”. Latar belakangnya, saat ini banyak yang mementingkan dan mulai memikirkan kesehatan mental atau mental health.

Webinar tentang kesehatan mental ini mendatangkan Lisa Sunaryo Putri, pembicara seorang praktisi psikologi dari penerima beasiswa LPDP di Magister Psikologi, Universitas Gadjah Mada.

Baca Juga Kabar Dukacita, Buya Syafii Maarif Meninggal Dunia

Open House Mahakarya Asia dilaksanakan secara online dan disiarkan live di YouTube Universitas Mahakarya Asia. Dilaksanakan pada hari Jumat, 27 Mei 2022 dari pukul 19.00-20.00 WIB. Dihadiri hampir tiga puluhan peserta dari berbagai kalangan, mahasiswa, umum, dan anak sekolah.

Dalam Open House ini, Lisa menyapaikan terlebih dulu apa itu anxiety, yang dapat dipahami sebagai gangguan kecemasan, cemas terhadap segalanya. Kecemasan adalah respon terhadap suatu kondisi yang belum tentu, yang kemungkinan terjadi di masa mendatang.

Baca Juga Buya Syafii Ingin Hidupkan Kembali Muhammadiyah Di Kampung Halamannya, Sumatra Barat

Dalam webinar itu juga disampaikan ada dua tipe kecemasan yang bisa dialami, yaitu kecemasan sesaat (state anxiety). Kecemasan ini adalah kecemasan yang bersifat sementara dan jika selesai maka kecemasan itu juga mereda. Contoh dari kecemasan ini adalah kecemasan tentang ujian, kecemasan terhadap Covid-19.

Sedangkan kecemasan yang kedua adalah kecemasan internal (trait anxiety) yaitu kecemasan yang menetap di diri individu, biasanya kecemasan ini sering terjadi seperti saat cemas waktu akan berbicara di depan orang.

Mbak Lisa juga menjelaskan, kecemasan juga dapat membahayakan diri sendiri karena dengan adanya anxiety dapat berujung pada panic disorder.

“Anxiety sendiri juga dibedakan menjadi lima yaitu specific phobia, social anxiety disorder, panic disorder, agoraphobia (difficult to escape), generalized anxiety disorder,” ujar Mbak Lisa.

Di akhir penjelasan, Mbak Lisa memberikan beberapa tips untuk menghadapi atau mengurangi rasa cemas terhadap diri sendiri seperti hindari self diagnosis karena ketika kita mendiagnosis diri sendiri tanpa bantuan ahli malah semakin membahayakan diri. Kenali diri sendiri dengan mencoba memahami apa yang sedang terjadi.

Mengajak diri untuk melawan kecemasan dengan cara self talk atau membuat alternative pikiran, mengatakan pada diri sendiri bahwa kita tidak apa-apa dan kadang tidak masalah untuk ada apa-apa.

Tips lainnya seperti hal-hal baik yang dapat dilakukan seperti mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi dan sehat. Lalu bisa dengan mempelajari legiatan yang membantu menenangkan diri sendiri seperti yoga dan meditasi. Tentunya cukup istirahat serta melakukan hobi, self awareness, dan self talk.

Selanjutnya, bisa selalu mengingat dan menguasai diri sendiri, lalu meyakinkan diri bahwa kita semua berharga. Kalau sudah tidak bisa handle sendiri, maka bisa dengan berbicara dengan orang yang benar-benar kita percaya. Yang terakhir jika memang sudah tidak bisa benar-benar di-handle maka harus segera pergi ke profesional.

“Kita bisa melupakan kalau kita bisa menerima,” katanya. (*/jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.