Berita Nasional Terpercaya

Pameran Seni ‘Napak – Let’s Play Again!’ Dihadirkan Siam Artista di Artotel Jogja  

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Artotel Yogyakarta bekerjasama dengan Siam Artista mempersembahkan pameran seni berjudul ‘Napak – Let’s Play Again!’ di Artotel Yogyakarta. Pameran seni ini terbuka untuk umum dengan protokol kesehatan, sejak tanggal 25 Mei 2022 hingga 25 Juli 2022 di Artspace Artotel Yogyakarta.

Siam Artista adalah seorang seniman kelahiran Mataram yang memulai karir seninya di Yogyakarta. Siam menyelesaikan pendidikan seni rupa di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Karakter karyanya dikenal imagjinatif dengan menggabungkan pop art, lowbrow art, dan seni tradisional. Ia juga seringkali memasukkan unsur permainan dalam karyanya.

Baca juga: WABI-SABI, Pameran Tunggal Mitfah Rizaq Di ARTOTEL Jogja Yang Bernuansa Abstrak

Dalam kesempatan ini Siam menampilkan 13 karya lukisan pada pameran tunggalnya. Siam juga berkolaborasi dengan Alfin Rizal sebagai penulis kuratorial dan seniman Nano Warsono yang telah hadir untuk membuka pameran ‘Napak – Let’s Play Again!’.

Menurut Alfin Rizal, ‘Napak – Let’s Play Again!’ terinspirasi dari imajinasi. Seseorang bisa berlama-lama mengikuti segala permainan dalam pikirannya.

“Sama halnya dengan seniman, ide rumit bentuk sederhana, bentuk rumit ide sederhana, ide rumit bentuk rumit, dan ide sederhana bentuk sederhana. Seniman mungkin akan memberi ide kepada bentuk yang sudah lebih dulu ditemukan atau memberi bentuk berdasar ide yang sudah matang. Proses bermain ini dapat dilakukan, bahkan lebih jauh demi mencapai esensi kegelisahan di dalamnya. Membubarkan gambar, menghapus bentuk, merusak warna, menimpa bidang-bidang, atau menambahkan media lain mungkin sja dilakukan,” jelas dia.

Baca juga: Avra-Kadavra, Pameran Seni Kolaborasi Artotel Artspace Dan Selatan Klub

Sementara itu Tuning Mamiek, General Manager Artotel Yogyakarta mengatakan, pihaknya kembali menghadirkan pameran seni untuk menambah referensi juga menjadi wisata alternatif yang mengedukasi di Yogyakarta. Selain itu pameran ini juga bertujuan membantu seniman untuk bermain, berkembang, juga mewujudkan ide dan kreativitas.

“Ini bentuk dukungan kami terhadap dunia kesenian juga diwujudkan dengan mengajak tamu dan masyarakat untuk menikmati karya-karya ini secara gratis,” katanya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.