Berita Nasional Terpercaya

Tahapan Penerimaan Siswa Baru Kota Jogja Dimulai Awal Juni 2022

1

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SD dan SMP Kota Jogja 2022 segera dibuka masa pendaftarannya pada awal Juni 2022.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta Budi Asrori, Selasa (31/6/5/2022) menjelaskan, untuk SD, persyaratan pendaftarannya berusia 7 (tujuh) tahun. Atau berusia paling rendah 6 (enam) tahun pada tanggal 1 Juli 2022 dapat diterima apabila daya tampung belum terpenuhi.

“Seleksi dilaksanakan dari tanggal 13 Juni 2022 sampai dengan tanggal 15 Juni 2022,” jelas Budi.

Ia meneruskan, seleksi dilakukan berdasarkan urutan usia (mulai dari yang tertua sampai dengan yang termuda) sesuai dengan daya tampung sekolah. Pendaftar yang berasal dari zona 1 mendapatkan tambahan usia 120 (seratus dua puluh) hari.

Pendaftar yang berasal dari zona 1 luar wilayah kemantren mendapatkan tambahan usia 90 (sembilan puluh) hari. Sementara pendaftar yang berasal dari zona 2 mendapatkan tambahan usia 60 (enam puluh) hari.

“Apabila terdapat kesamaan usia hasil seleksi, maka penentuan peringkat selanjutnya didasarkan urutan pilihan sekolah, peserta didik dari zona 1, waktu pendaftaran calon peserta didik,” kata Budi.

Baca juga: Jadwal PPDB Jalur Bibit Unggul Kota Jogja Diperpanjang

Ia meneruskan, terdapat 2 jenis mekanisme pendaftaran di PPDB Kota Jogja 2022, yakni online dan offline. Sistem online, secara resmi disebut PPDB RTO (Real Time Online). Adapun sistem offline, resminya disebut PPDB Non-RTO.

Untuk PPDB SMP Kota Jogja 2022 sistem online/RTO diberlakukan untuk peserta dari Jalur Zonasi (wilayah dan mutu), Jalur Afirmasi (Keluarga Tidak Mampu), dan Jalur Prestasi (Luar Daerah dan Bibit Unggul).

Sementara itu, PPDB SMP Yogyakarta 2022 sistem offline (Non-RTO) diperuntukkan bagi peserta di Jalur Afirmasi Disabilitas dan Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Kemaslahatan Guru.

“Terdapat 16 SMP Negeri di Kota Yogyakarta yang bisa dipilih dalam PPDB SMP Jogja 2022. Jumlah total kuota daya tampung peserta didik baru di 16 SMP Negeri itu sebanyak 3.466 siswa,” kata dia.

Ia juga menjelaskan ketentuan kuota untuk setiap jalur pendaftaran di PPDB SMP Jogja 2022:

1. Kuota Jalur Zonasi di zona 1 paling sedikit 59%, dengan ketentuan berikut:

•Jalur Zonasi Wilayah: paling banyak 15% (total 520 kursi)

•Jalur Zonasi Mutu: paling sedikit 44% (total 1525 kursi).

2. Kuota Jalur Afirmasi paling banyak 16%, dengan ketentuan berikut:

•Jalur Keluarga Tidak Mampu: maksimal 11% (total 381 kursi)

•Jalur Disabilitas: paling banyak 5% (total 173 kursi).

3. Kuota Jalur Prestasi paling banyak 20%, dengan ketentuan berikut:

•Jalur Prestasi dari Zona 2 (luar daerah): maksimal 10% (total 347 kursi)

•Jalur Prestasi Bibit Unggul: maksimal 10% (total 347 kursi).

4. Kuota Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali dan Kemaslahatan Guru paling banyak 5% dari seluruh daya tampung SMP (total 173 kursi).

Baca juga: Forpi Pantau Pelaksanaan PPDB Di Kota Jogja, Banyak Praktik Dompleng KK

Menurut Budi, jadwal PPDB SMP Jogja 2022 beserta syarat pendaftaran di setiap jalur tidak sama persis. Selain itu, ada 5 jalur pendaftaran yang memakai sistem online, sementara 2 jalur lainnya menggunakan skema offline.

“Pendaftaran PPDB Kota Jogja 2022 secara online via situs yogya.siap-ppdb.com. Untuk pendaftaran offline bisa dilakukan di kantor Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta,” kata Budi. (den)

1 Comment
  1. […] Baca juga: Tahapan Penerimaan Siswa Baru Kota Jogja Dimulai Awal Juni 2022 […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.