Berita Nasional Terpercaya

Pemerintah Kebut Pembangunan Infrastruktur Penunjang KTT G20 di Bali

1

DENPASAR, BERNAS.ID – Sejumlah infrastruktur di Provinsi Bali terus ditingkatkan menjelang pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Group of Twenty (KTT G20) pada Oktober 2022.

Peningkatan infrastruktur dipusatkan pada kawasan parkir kepala negara, penataan Jalan Simpang Siligita-Kempinski Showcase Mangrove dan kawasan mangrove Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai.

Kawasan parkir kepala negara sendiri memiliki luas 2,6 hektare dan berlokasi tidak jauh dari kawasan mangrove Tahura Ngurah Rai. Peningkatan infrastruktur di kawasan ini meliputi pembangunan gerbang Candi Bentar, penataan pura, pos jaga, dan gazebo bale bengong.

Selain itu, pemerintah juga membangun area parkir limosin berkapasitas 256 unit dan kendaraan emergency, fasilitas publik, ruang panel, kantin, serta water tank di kawasan tersebut.

Khusus kawasan mangrove Tahura Ngurah Rai, penataan berfokus di gerbang masuk, monumen G20, area plaza, beji, wantilan, dan jalur tracking mangrove.

Lalu, dibangun pula area pesemaian, area penerima yang meliputi lobi, ticketing, dan kantor penerima, menara pandang, viewing deck ke arah Teluk Benoa, serta area parkir di sekitar Waduk Muara.

Baca juga: Kementerian ESDM Pantau Aktivitas Merapi Selama Penyelenggaraan G20 Di Jogja

Pada infrastruktur jalan, pemerintah melakukan preservasi jalan dan jembatan sebanyak sembilan ruas. Proyek ini terbagi dalam dua paket. Paket I terdiri dari preservasi jalan dan jembatan tujuh ruas dengan total panjang 22 kilometer (km).

Pengerjaan paket I meliputi Simpang Pesanggaran-Gerbang Benoa, Simpang Kuta-Simpang Pesanggaran, Simpang Kuta-Tugu Ngurah Rai, Simpang Lapangan Terbang-Tugu Ngurah Rai, Tugu Ngurah Rai-Nusa Dua, Simpang Pesanggaran-Simpang Sanur, Jimbaran-Uluwatu (GWK), dan Simpang Pesanggaran-Simpang Sanur (Sarangan).

Sementara, pengerjaan paket II meliputi peningkatan Jalan Simpang Siligita-Kempinski dan showcase mangrove sepanjang 6,5 km. Lalu, dilakukan pula pekerjaan preservasi jalan dan jembatan disertai dengan penghijauan untuk meningkatkan kualitas dan estetika kawasan.

Baca juga: Menlu China Telepon Menlu RI, Koordinasi Untuk Kesuksesan KTT G20

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan infrastruktur tersebut ditargetkan rampung pada Juli 2022 sehingga siap untuk menyambut pelaksanaan KTT G20.

“Kawasan yang sedang ditata mulai dihijaukan dan ditanami. Saat ini, progresnya sekitar 39,6 persen,” kata Basuki saat meninjau pembangunan infrastruktur seperti dalam keterangan pers, Selasa (31/5/2022). (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.