Berita Nasional Terpercaya

PDIP DIY Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DIY melaksanakan Upacara Hari Lahir Pancasila di Kantor DPD PDI Perjuangan DIY, Rabu (1/6/2022). Upacara yang dimulai pukul 08.00 ini diikuti para pimpinan dan pengurus DPD PDI  Perjuangan DIY, Badan Partai, dan Sayap Partai.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan DIY, Totok Hedi Santosa menjelaskan, peringatan penting dilakukan, karena 1 Juni 1945 sudah ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila dilakukan oleh Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016.

Hari Lahir Pancasila merupakan pertama kalinya Pancasila sebagai dasar negara diperkenalkan oleh Ir. Soekarno, Anggota Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 1 Juni 1945.

“Soekarno menyampaikan gagasan lima dasar untuk negara Indonesia, yaitu Kebangsaan, Internasionalisme atau Perikemanusiaan, Demokrasi, Keadilan sosial, dan Ketuhanan Yang Maha Esa,” jelas dia.

Baca juga: Selamat Hari Lahir Pancasila! Saling Ingatkan Semangat Hadapi Covid-19

Dalam perjalanan bangsa ini, Pancasila hadir sebagai falsafah dan pandangan hidup yang menyatukan keragaman dan membawa semangat kebangkitan bangsa.

Ditegaskan oleh Totok, seluruh pengurus dan kader PDI Perjuangan harus mampu membumikan Pancasila dalam kehidupan nyata berbangsa dan bernegara.

Baca juga: Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Puan Baca Ikrar

“Peringatan hari lahir Pancasila ini momentum untuk mengingatkan agar terus membangun kesadaran berjuang, melakukan refleksi, dan terus berjuang untuk masa depan bangsa, sejalan dengan cita-cita luhur para pendiri bangsa ini,” tandasnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.