Berita Nasional Terpercaya

Mantan Walikota Jogja Haryadi Suyuti Ditangkap KPK, Langsung Dibawa ke Jakarta

3

JAKARTA, BERNAS.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap mantan Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti, Kamis (2/6/2022) siang. Walikota Yogyakarta periode 2017-2022 itu, bersama beberapa orang ditangkap karena berkaitan dengan tindak pidana korupsi suap perizinan bangunan apartemen di Yogyakarta.

Hal itu disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri, kepada wartawan di Jakarta, Kamis (2/6/2022).

“Benar, hari ini KPK telah melakukan kegiatan tangkap tangan terhadap beberapa pihak yang diduga sedang melakukan tindak pidana korupsi suap di Yogyakarta,” kata Ali Fikri.

Baca juga: Walikota Jogja Diperiksa KPK

“Salah satu yang diamankan adalah Walikota Yogyakarta 2017-2022,” imbuhnya, sambil menyebut bahwa mereka yang ditangkap segera dibawa ke Gedung Merah Putih KPK di Jakarta.

Hingga saat ini, Haryadi dan sejumlah pihak lain yang terjaring dalam OTT tersebut masih berstatus sebagai terperiksa. “Tim segera melakukan permintaan keterangan terhadap para pihak dimaksud,” ujar Ali Fikri.

Baca juga: KPK Minta Pemkot Jogja Perbaiki Kinerja

Selain melakukan operasi tangkap tangan, KPK juga menyegel beberapa ruangan di Kompleks Balaikota Yogyakarta, Kamis (2/6/2022). Diantaranya ruang kerja Walikota Yogyakarta, ruang Dinas Perizinan dan Penanaman Modal, dan ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Kawasan Permukiman (DPU-PKP) Kota Yogyakarta.

Haryadi resmi melepas jabatan sebagai Walikota Yogyakarta, 22 Mei 2022 lalu. Belum genap satu bulan, KPK sudah menangkapnya atas dugaan kasus suap.

Lepas tak lagi jadi walikota setelah dua periode memimpin, Haryadi tinggal di kediaman pribadinya kawasan Jalan Merpati, Demangan Baru, Caturtunggal Depok, Sleman. Ia tinggal bersama istri dan anaknya.

Di rumah itulah dia ditangkap, sebelum akhirnya ia dibawa ke rumah Dinas Walikota di kawasan Balaikota Yogyakarta dan dipindahkan ke kendaraan bus Brimob Polda DIY. Selain Haryadi, sejumlah pejabat di lingkup Pemkot Yogyakarta juga dibawa ke kendaraan itu.

Haryadi Suyuti menjabat sebagai Walikota Yogyakarta selama 2 periode yakni 2011-2016 dan 2017-2022. Sebelumnya ia menjabat Wakil Walikota Yogyakarta (2006-2011) bersama Walikota Herry Zudianto.

Sebelum berpolitik, kader Golkar kelahiran 9 Februari 1964 ini pernah menjabat sebagai Direktur Corporate Finance & Goverment Relation PT Finance Corpindo Nusa (Sampoerna Group) Jakarta pada tahun 2000-2003. (den)

3 Comments
  1. […] Baca juga: Mantan Walikota Jogja Haryadi Suyuti Ditangkap KPK, Langsung Dibawa ke Jakarta […]

  2. […] Baca juga: Mantan Walikota Jogja Haryadi Suyuti Ditangkap KPK, Langsung Dibawa Ke Jakarta […]

  3. […] Baca juga: Mantan Walikota Jogja Haryadi Suyuti Ditangkap KPK, Langsung Dibawa Ke Jakarta […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.