Berita Nasional Terpercaya

Perayaan Peh Cun 2022 Digelar di Pantai Parangtritis

0

BANTUL, BERNAS.ID – Jogja Chinese Art and Culture Center (JCACC) kembali menggelar perayaan Peh Cun di Pantai Parangtritis, Bantul, DIY pada Jumat (3/6/2022).

Meskipun acara Peh Cun digelar dengan sederhana, namun perayaan kali ini terasa khidmat dengan diikuti seluruh paguyuban atau perkumpulan Tionghoa di Yogyakarta dan masyarakat juga turut menyaksikan acara tersebut.

Baca Juga : Masyarakat Tionghoa Di Yogyakarta Bersama Warga Menggelar Aksi Sosial Tanggap Covid-19

“Selama lima tahun ini kita tidak menggelar perayaan. Tiga tahun karena berbarengan dengan perayaan Idul Fitri, dan dua tahun kemarin ada pandemi Covid-19. Namun setiap malamnya kami tetap melaksanakan ritual Peh Cun,” terang Ketua JCACC, Tandean Harry Setio.

Ketua Panitia Acara Koes Siany Pinniawati mengatakan, acara Peh Cun ini merupakan salah satu agenda acara yang diselenggarakan oleh JCACC setiap tahunnya.

“Jadi setiap tahun JCACC itu ada tiga acara, salah satunya ritual Peh Cun ini,” ujarnya.

Penny menambahkan, pada perayaan Peh Cun yang diperingati setiap tanggal 5 bulan 5 kalender Cina ini, juga diisi dengan kegiatan mendirikan telur tepat pada pukul 12.00-14.00 WIB, penampilan Barongsai dan aneka tarian.

Baca Juga : Ditengah Pandemi Warga Tionghoa Yogyakarta Rayakan Zhong Qiu Jie Secara Sederhana

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat Tionghoa Yogyakarta, Ellyn Subiyanti, yang turut hadir pada perayaan Peh Cun ini mengapresiasi acara yang digelar oleh JCACC.

“Perayaan Peh Cun kali ini sudah ramai, dibandingkan dengan dua tahun pandemi lalu,” katanya.

Meski tidak ada lomba perahu naga, namun perayaan Peh Cun kali ini dirasa Ellyn sangat meriah, dengan diikuti oleh masyarakat yang berbondong-bondong datang ingin menyaksikan acara tahunan Tionghoa tersebut. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.