Berita Nasional Terpercaya

Roller Sport Festival, Ajang Sportourism Jelang Porda XVI Yogyakarta

Bupati Sleman – 17 Agustus 2022
0

SLEMAN, BERNAS.ID – Badan Promosi Pariwisata Sleman (BPPS) dan Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Porserosi) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyelenggarakan Prambanan Roller Sport Festival di Kompleks Candi Prambanan Sleman, dari tanggal 4-5 Juni 2022.

Wakil Ketua BPPS (Badan Promosi Pariwisata Sleman), Fachri Herkusuma, SIP mengatakan, kegiatan Prambanan Roller Sport Festival untuk mendukung event sportourism di Kabupaten Sleman. Selain itu, juga memperkenalkan bahwa nanti akan ada event Porda XVI di Kabupaten Sleman nanti pada tanggal 1-9 September.

“Kebetulan, Sleman sebagai tuan rumah Porda, ini untuk memperkenalkan dalam rangka Road to Porda XVI di Yogyakarta dengan kegiatan salah satunya Roller Sport Festival setelah sebelumnya kemarin ada turnamen golf,” tuturnya, Sabtu (4/1/2022).

Baca Juga Buya Syafii Ingin Hidupkan Kembali Muhammadiyah Di Kampung Halamannya, Sumatra Barat

Lanjut tambahnya, peserta Roller Sport Festival berasal dari Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta. Untuk kategori, ia menyebut ada pemula, freestyle, race, dan marathon. “Total peserta ada 750 dengan total hadian Rp35 juta,” ujarnya.

“Nanti di bulan Agustus, dalam rangka Road to Porda XVI, kita juga akan menyelenggarakan event lagi, Tour de Prambanan untuk sepeda. Start dari Sleman akan keliling ke tiga kabupaten, Bantul ke Gunungkidul, lalu kembali ke Sleman lagi,” imbuhnya.

Ia mengatakan setelah pandemi Covid-19, banyak kegiatan pariwisata yang mengarah ke outdoor atau kebugaran sehingga memilih lokasi di Kompleks Candi Prambanan. “Kita melibatkan banyak unsur seperti ASITA untuk travel agennya, PHRI untuk hotelnya, dan lainnya. Dibundling dengan paket wisata agar setelah selesai, peserta bisa berwisata di Candi Prambanan,” tuturnya.

Baca Juga Guru Bangsa Buya Syafii Tutup Usia, Ganjar Pranowo Berkisah

Senada, Ketua Komisi Freestyle Perserosi DIY, Yona Kaeng mengatakan Prambanan Roller Sport Festival untuk mendukung road to Porda XVI Yogyakarta. Ia berharap dengan kegiatan sepatu roda ini semakin menyemangati atlet sepatu roda.

“Selain itu, kegiatan ini juga mendukung sportourism di Kabupaten Sleman. Juga mengukur kemampuan para atlet sepatu roda untuk Porda mendatang,” katanya.

Ia mengatakan dari Yogyakarta, ada 134 freestyle skater yang mengikuti Prambanan Roller Sport Festival. Untuk usia para pesertanya, rentang 3 tahun sampai tak terhingga. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.