Berita Nasional Terpercaya

Heboh Tiket Borobudur Rp750.000, Bakal Ada Tarif Khusus untuk Warga Jateng-DIY

0

JAKARTA, BERNAS.ID — Warga Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan DIY bakal mendapat tarif khusus untuk berwisata ke Candi Borobudur di Kabupaten Magelang. Tarif tersebut berbeda dengan yang ditetapkan pemerintah yaitu  Rp750.000 bagi wisatawan domestik yang ingin naik hingga ke area stupa Candi Borobudur

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, tarif khusus bagi warga di Jateng dan DIY itu bakal dipertimbangkan berdasarkan masukan dari masyarakat.

Dia mengatakan, warga lokal juga akan diajak untuk lebih berkontribusi. Nantinya semua turis harus menggunakan pemandu wisata (tour guide) dari warga lokal sekitar kawasan Candi Borobudur.

Baca juga: Diluncurkan BOB, Candi Borobudur Dan Destinasi Wisata Sekitar Makin Tergarap

Luhut juga memastikan rencana kenaikan tarif untuk turis asing menjadi 100 dolar AS (sekira Rp1,4 juta) tidak akan berubah. Begitu pula tarif untuk pelajar tetap sesuai rencana yang sebelumnya disampaikan, yakni Rp5.000.

“Sementara, untuk sekadar masuk ke kawasan Candi, tarifnya juga tetap di angka Rp50.000 seperti saat ini,” kata Luhut, Minggu (5/6/2022).

Baca juga: Tingkatkan Kualitas, Jokowi: Fasilitas Borobudur Sebaiknya Berstandar Bintang Empat

Luhut menegaskan kenaikan tarif dan pembatasan kuota pengunjung maksimal 1.200 orang per hari untuk naik ke Candi Borobudur dilakukan untuk menjaga warisan budaya dunia tersebut.

“Candi Borobudur itu kan cagar budaya Indonesia yang ditetapkan sebagai situs Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO. Dengan relief yang sarat makna khususnya bagi umat Buddha dan kita umat manusia, penting bagi kita semua memberi perhatian khusus untuk menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya nusantara tersebut,” ungkapnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.