Berita Nasional Terpercaya

Simak Tips UMKM dari Tokopedia untuk Tingkatkan Omzet

1

JAKARTA, BERNAS.ID – Sejumlah pegiat UMKM lokal mengatakan untuk mempertahankan omzet bahkan meningkatkannya dibutuhkan strategi yang mumpuni. Tokopedia sebagai rumah bagi sekitar 12 juta penjual yang hampir 100 persennya UMKM lokal membagikan lima cara untuk mempertahankan hingga meningkatkan omzet:

Evaluasi dan Analisis Pasar

Lewat fitur Statistik Toko di aplikasi Tokopedia Seller, penjual bisa mempelajari berbagai data penting, seperti pendapatan bersih, estimasi pengeluaran, tren pesanan dan berbagai data penting lain untuk membuat hingga meningkatkan strategi penjualan.

Baca Juga Guru Bangsa Buya Syafii Tutup Usia, Ganjar Pranowo Berkisah

Manfaatkan Fitur Iklan Otomatis

Penjual dapat memanfaatkan fitur beriklan otomatis TopAds agar produknya tampil teratas di halaman Tokopedia. Hal ini akan membantu penjual menjangkau lebih banyak pembeli dan memaksimalkan penjualan.

Pertajam Strategi Promo

Pegiat UMKM dapat memberikan promo kepada pelanggan untuk mendorong peningkatan transaksi. Bundling produk dan potongan harga bisa menjadi pilihan.

“Penjual juga dapat mengaktifkan fitur Bebas Ongkir agar pembeli tidak perlu khawatir mengenai biaya pengiriman,” kata Vice President of Logistics Tokopedia, Edwin Mailoa.

Manfaatkan Gudang Pintar

Pegiat UMKM dapat menitipkan produknya di gudang-gudang pintar “Dilayani Tokopedia” yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia untuk menjangkau pasar lebih luas.

“Dilayani Tokopedia membantu operasional penjual, mulai dari penerimaan, pengemasan, pengiriman pesanan, hingga penanganan jika ada kendala transaksi. Dengan begitu, pegiat UMKM dapat lebih fokus terhadap pengembangan usaha,” tambah Assistant Vice President of Fulfillment Tokopedia, Samuel Simanjuntak.

Baca Juga Mendagri Ajak Seluruh Daerah Kelola Sampah Dengan Baik

Pilih Pengiriman yang Sesuai

Didukung oleh sejumlah mitra strategis, Tokopedia menyediakan tiga jenis layanan pengiriman pesanan, yang bisa dipilih pegiat usaha sesuai dengan kebutuhan bisnisnya.

Layanan Dijemput Kurir memungkinkan pelaku usaha untuk menunggu pesanan diambil kurir, sedangkan Layanan Antar ke Kantor Agen mengharuskan pelaku usaha untuk mengantar pesanan ke agen pengiriman. Layanan AWB Otomatis dan Non-Tunai membantu pelaku usaha mencatat alamat, resi, serta ongkos pengiriman via mitra logistik secara otomatis.

Tokopedia – yang adalah bagian dari grup GoTo, ekosistem digital terbesar di Indonesia yang mencakup Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial – akan selalu berupaya mendukung UMKM untuk mencapai lebih demi mendorong pemulihan ekonomi nasional. (*/jat)

1 Comment
  1. […] Baca juga: Simak Tips UMKM Dari Tokopedia Untuk Tingkatkan Omzet […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.