Berita Nasional Terpercaya

Warga Thailand Sah Menanam Ganja Mulai Kamis Besok

Bupati Sleman – 17 Agustus 2022
0

THAILAND, BERNAS.ID – Pemerintah Thailand mengijinkan warganya untuk memanfaatkan atau budidaya tanaman ganja mulai Kamis besok (9/6/2022). Sebab, Kementerian Kesehatan Thailand telah menghapus ganja dari narkotika kategori 5 pada 9 Februari 2022. Aturan berlaku 120 hari setelah penghapusan tersebut diteken.

Thailand menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang melegalkan ganja untuk kepentingan medis hingga rumah tangga. Ada sejumlah aturan dalam pengesahan itu mulai dari untuk kepentingan medis hingga kosmetik.

Baca Juga Militer Rusia Latihan Tembak Rudal Nuklir

Namun, masih ada sejumlah catatan hingga batasan yang perlu diperhatikan bagi warga Thailand yang hendak menanam tanaman ganja. Pemerintah Thailand mengatakan tujuan utama dari undang-undang baru ini untuk meringankan kondisi kesehatan tertentu dan meningkatkan kesehatan yang baik di tingkat rumah tangga.

Bangkok Post mewartakan bahwa Menteri Kesehatan Masyarakat Thailand, Withid Sariddechaikool akan meminta setiap warga yang menanam dan budidaya ganja dan rami untuk mendaftarkan diri melalui aplikasi Pluk Kan.

Pluk Kan merupakan sebuah aplikasi soal penanaman ganja yang dikembangkan dan dioperasikan Badan Pangan dan Obat-obatan (FDA).

Baca Juga Penembakan Dan Ledakan Bom Mewarnai Pilpres Filipina

Kemudian, ada batasan ekstraksi, yaitu siapa saja yang ingin menanam ganja harus memperhatikan sejumlah aturan yang harus dipatuhi.Aturan itu di antaranya ekstrak yang mengandung lebih dari 0,2 persen tetrahydrocannabinol (THC), senyawa psikoaktif utama dalam ganja, masih akan dianggap sebagai zat Tipe 5 berdasarkan undang-undang soal pengendalian dan penekanan narkotika.

Harapannya, ekstrak tanaman ganja dengan kadar kandungan tersebut tetap dinilai ilegal. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.