Berita Nasional Terpercaya

Kelurahan Tridadi Kini Miliki Rumah Restorative Justice

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Rumah Restorative Justice (RJ), program dari Kejaksaan Agung, telah hadir di Kantor Kalurahan Tridadi, Rabu (8/6/2022). Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Katarina Endang Sarwestri secara langsung meresmikan Rumah Restorative Justice tersebut.

Katarina berharap rumah RJ di Kelurahan Tridadi dapat membawa keadilan kepada masyarakat karena tidak semua perkara harus dipidanakan. Menurutnya, ada ketentuan untuk perkara yang bisa masuk RJ, yaitu ancaman pidana tidak lebih 5 tahun dan baru sekali melakukan tindak pidana.

“Kami mengutamakan keharmonisan masyarakat dalam penyelesaian masalah dan mengurangi stigma negatif kepada pelaku ketika nanti kembali ke masyarakat,” tuturnya.

Baca Juga Guru Bangsa Buya Syafii Tutup Usia, Ganjar Pranowo Berkisah

Lanjut tambahnya, syarat masyarakat bisa menggunakan fasilitas rumah RJ seperti tidak melakukan tindak pidana narkotika dan tidak berkaitan dengan keamanan negara. “Permasalahan yang masuk akan dikaji jaksa, apakah dapat dipidanakan atau diselesaikan secara damai. Jaksa dalam hal ini berperan sebagai fasilitator antara pelaku dan korban,” tuturnya.

Menurut Katarina, jika fungsi dari rumah RJ bisa maksimal, dapat mengurangi tingkat hunian lapas yang sudah over kapasitas.

Baca Juga Mendagri Ajak Seluruh Daerah Kelola Sampah Dengan Baik

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengatakan, keberadaan rumah RJ bisa menjadi sarana masyarakat untuk melakukan musyawarah mufakat dalam rangka penyelesaian masalah dan tetap berorientasi kepada keadilan serta kepentingan umum.

“Saya berharap dengan adanya rumah RJ ini, masyarakat yang sedang bermasalah dengan hukum bisa dekat dengan kejaksaan sehingga mudah untuk mengakses pendampingan hukum,” tutur Kustini.

Ia juga berharap melalui rumah RJ, semua pihak dapat berkolaborasi dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya hukum. “Harapannya terwujudnya wilayah Sleman yang aman dan tertib. Saya berharap nantinya bukan hanya ada di Tridadi, tapi per wilayah ada,” tukasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.