Berita Nasional Terpercaya

China Tegaskan Tak Ragu Perang dengan Taiwan

0

CHINA, BERNAS.ID – Menteri Pertahanan China, Wei Fenghe menegaskan kepada Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin bahwa pihaknya tidak ragu berperang dengan Taiwan jika mereka mendeklarasikan kemerdekaan. Pernyataan itu disampaikan saat pertemuan tatap muka pertamanya di sela-sela KTT Keamanan Dialog di Shangri-La Singapura.

Saat ini, ketegangan di Taiwan telah meningkat, khususnya karena meningkatnya serangan pesawat China ke zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan.

Baca Juga Militer Rusia Latihan Tembak Rudal Nuklir

Wei memberi pesan kepada Austin jika Negeri Paman Sam berani memisahkan Taiwan dari China, tentara China pasti tidak akan ragu untuk memulai perang. Beijing meyakini Taiwan bagian dari wilayahnya dan berjanji suatu hari akan merebutnya dengan cara paksa jika perlu.

“Berapa pun biayanya,” kata juru bicara Kementerian Pertahanan China, Wu Qian mengutip pernyataan Menteri Pertahanan China seperti diberitakan AFP, Jumat (10/6/2022).

Lanjut tambahnya, China bersumpah akan menghancurkan sampai berkeping-keping setiap plot kemerdekaan Taiwan. “Taiwan adalah Taiwannya China. Menggunakan Taiwan untuk menahan China tidak akan pernah berhasil,” katanya.

Baca Juga Penembakan Dan Ledakan Bom Mewarnai Pilpres Filipina

Menhan AS, Austin merespon dengan menyatakan pentingnya menjaga perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan. “Kami menegaskan kembali pentingnya perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan. Perubahan sepihak terhadap status quo, meminta China menahan diri dari tindakan destabilisasi lebih lanjut terhadap Taiwan,” tukas Departemen Pertahanan AS. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.