Berita Nasional Terpercaya

Keputusan Ukraina Menjadi Anggota Uni Eropa Diputuskan Minggu Depan

0

UKRAINA, BERNAS.ID – Keanggotaan Ukraina menjadi anggota Uni Eropa diputuskan minggu depan setelah Presiden Komisi Eropa Ursula Von Der Leyen kunjungan dadakan ke Kyiv, Sabtu (11/6/2022). Ia pun berdialog langsung dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Diberitakan AFP, Von Der Leyen memberikan sinyal yang jelas terkait status Ukraina sebagai kandidat Uni Eropa pada minggu depan. “Kami akan menyelesaikan penilaian kami pada akhir minggu depan,” kata Von Der Leyen, Minggu (12/6/2022).

Baca Juga Militer Rusia Latihan Tembak Rudal Nuklir

Sejak perang dimulai, kunjungan Von Der Leyen ke Kyiv menjadi yang kedua kalinya. Zelensky pun memperingatkan Uni Eropa karena saat ini, menjadi waktu yang menentukan bagi Uni Eropa karena menurutnya invasi ke Ukraina menjadi awal dari invasi-invasi lain di Eropa.

“Rusia ingin merusak persatuan Eropa, ingin membiarkan Eropa terpecah dan ingin membiarkannya lemah. Seluruh Eropa adalah target Rusia. Ukraina hanya tahap pertama dalam agresi ini,” kata Zelensky.

Zelensky telah mendesak agar secepatnya masuk jadi anggota Uni Eropa demi mengurangi kerentanan geopolitik Ukraina sejak invasi Rusia Februari lalu.

Baca Juga: Penembakan Dan Ledakan Bom Mewarnai Pilpres Filipina

Meski ada keberatan di antara beberapa negara anggota, para pemimpin Uni Eropa diharapkan segera menyetujui status kandidat Ukraina pada pertemuan puncak pada 23-24 Juni dengan persyaratan ketat.

Namun, para pejabat dan pemimpin blok memperingatkan, status pencalonan hingga keanggotaan bisa memakan waktu bertahun-tahun bahkan puluhan tahun. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.