Berita Nasional Terpercaya

Bali Diklaim Sudah Penuhi 5 Syarat WHO untuk Endemi

0

BALI, BERNAS.ID – Bali menyatakan telah memenuhi persyaratan organisasi kesehatan dunia PBB, WHO untuk menuju endemi Covid-19. Hal itu dinyatakan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, I Nyoman Gede Anom.

Anom mengatakan Pulau Dewata itu saat ini telah memenuhi lima syarat dari WHO. “Ada lima syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi endemi. Dan lima syarat itu, sudah dipenuhi oleh Bali,” kata Anom, Sabtu (11/6/2022).

Baca Juga Guru Bangsa Buya Syafii Tutup Usia, Ganjar Pranowo Berkisah

Menurutnya, syarat menuju endemi pertama, yaitu tingkat penularan Covid-19 di masyarakat itu berdasarkan WHO, dibawa satu persen dan Bali sudah 0,49 persen. “Bali sudah 0,49 persen. Misalnya satu orang menularkan satu orang dan satu orang menularkan dua orang. Kita malah 0,49 (persen) berarti kita rata-rata tidak menularkan. Itu yang pertama,” tuturnya.

Yang kedua, lanjut Anom, rasio positivity rate di Bali dalam beberapa hari terakhir disebutnya selalu di bawah dua persen. Sebagai catatan, syarat dari WHO harus di bawah lima persen. “Kita hampir beberapa hari ini selalu di bawah dua persen. Syarat WHO itu di bawah 5 persen, kita sudah melampaui itu,” ujarnya.

Ketiga, Anom menyebut tingkat perawatan kasus Covid-19 di rumah sakit itu, berdasarkan WH9, di bawah 5 persen. Ia mengatakan Bali tercatat hanya 0,12 persen dan sedikit sekali pasien yang masuk rumah sakit. “Terus yang ke empat angka kematian WHO itu memberlakukan harus di bawah tiga persen. Untuk di Bali sendiri, kita hanya 0,02 persen tingkat kematiannya, sedikit sekali,” ujarnya.

Selanjutnya, Anom menyebut syarat yang kelima harus diberlakukan PPKM Level 1. Ia mengatakan Bali saat ini berstatus PPKM level 1. “Itu lima syaratnya. Kalau Bali sudah memenuhi lima syarat itu, sudah termasuk endemi di Bali,” ucapnya.

Baca Juga: Mendagri Ajak Seluruh Daerah Kelola Sampah Dengan Baik

Namun, menurutnya untuk memiliki status endemi harus secara nasional dan yang menentukan Pemerintah Pusat. Selain itu, di luar Jawa dan Bali masih ada yang belum PPKM Level 1.

“Yang pertama WHO yang menentukan dan kedua Pemerintah Pusat. Kalau di Bali sudah memenuhi lima syarat itu. Harus Pemerintah Pusat yang menentukan dan daerah lain juga harus memenuhi itu,” ujarnya.

“Kita sudah masuk ke masa transisi untuk jadi endemi, tinggal menunggu saja,” pungkasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.