Berita Nasional Terpercaya

Grebeg UMKM DIY Digelar Agustus 2022, Ada Jogja Fashion Week

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Dalam rangka meningkatkan daya saing pelaku UMKM, Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY berusaha konsisten memperkuat sinergi dengan pemerintah daerah, lembaga, asosiasi, dan komunitas melalui berbagai event strategis yang telah dan akan dilaksanakan sepanjang tahun 2022.

Event-event tersebut diselenggarakan sebagai ajang showcase dan promosi bagi produk-produk UMKM unggulan dari DIY.

Plt. Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Daerah Istimewa Yogyakarta Tantan Heroika menjelaskan, salah satu flagship event Bank Indonesia di DIY adalah Grebeg UMKM DIY, yang di tahun 2022 akan menjadi event tahunan yang ke-6, sejak tahun 2017.

Di tahun 2022, dalam rangka memperkuat sinergi, kolaborasi, dan cakupan dari penyelenggaraan Grebeg UMKM DIY 2022, maka Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY akan kembali berkolaborasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY, Dinas Koperasi UMKM DIY serta Indonesian Fashion Chamber (IFC) chapter DIY.

Grebeg UMKM DIY 2022 yang akan diselenggarakan pada bulan Agustus 2022, akan menyajikan beberapa main course, diantaranya Jogja Fashion Week di Ballroom Kamala Sleman City Hall, pada 18-20 Agustus 2022, Jogja Fashion Week 25-27 Agustus 2022 di Jogja Expo Center, Bussiness Matching Pembiayaan UMKM DIY, Onboarding UMKM DIY, dan Pameran UMKM DIY.

“Penyelenggaraan Event Jogja Fashion Week 2021 lalu menjadi momen kebangkitan ekonomi kreatif DIY, setelah sempat vakum selama pandemi. Para designer dari DIY dan daerah sekitarnya meluapkan kerinduannya dengan menampilkan karya-karya fashion yang mengesankan,” jelas dia lewat keterangan tertulis, Senin (13/6/2022).

Event Jogja Fashion Week 2022 menurut dia akan merefleksikan produk ekonomi kreatif bidang fashion dari 5 destinasi super prioritas yaitu Borobudur, Likupang, Mandalika, Danau Toba dan Labuan Bajo. Melalui tema ini, diharapkan cakupan Jogja Fashion Week menjadi lebih luas dan lebih kaya kreatifitas, tidak hanya Jawa namun juga daerah lain di seluruh Indonesia.

“Penyelenggaraan rangkaian acara Grebeg UMKM Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY 2022 sejalan dengan upaya BI DIY untuk terus mendorong industri kreatif DIY khususnya fashion untuk terus berkarya menciptakan produk-produk berkualitas dan berdaya saing,” jelas dia.

Baca juga: Meriahnya Peragaan Busana Muslim Di Jogja Fashion Week 2017

Ia menambahkan, selain itu, penyelenggaraan acara ini sekaligus merupakan kegiatan program, untuk mempersiapkan yang terbaik dan menyeleksi produk-produk berkualitas yang akan diikutsertakan dalam flagship event dan promosi perdagangan Bank Indonesia di tahun-tahun ke depan seperti Karya Kreatif Indonesia (KKI), Festival Ekonomi Syariah (FESyar) dan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF).

Kedepannya diharapkan karya para Desainer Jogja Fashion Week banyak yg menggunakan kriya buatan Yogyakarta sehingga para pengrajin kain Yogyakarta turut menikmati dampak pemanfaatannya.

Baca juga: Jogja Fashion Week 2021, Usaha Kebangkitan Industri Kreatif Di Masa Pandemi

“Besar pula harapan kami bahwa, event ini akan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi pelaku bisnis fashion di DIY dan sekitarnya, serta bagi perekonomian DIY. Di samping itu, diharapkan juga awareness penikmat fashion di Yogyakarta dan seluruh Indonesia untuk turut membeli karya-karya lokal yang tidak kalah bagus dan berkualitas tinggi, dan tidak lupa belanja dan bertransaksi menggunakan QRIS yang CEMUMUAH (Cepat Mudah Murah Aman Handal) dalam rangka mendukung akselerasi digitalisasi ekonomi.” (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.