Berita Nasional Terpercaya

Kolaborasi WIR Group dan 99VR, Olahraga Lari Virtual yang Immersif di Metaverse

Bupati Sleman – 17 Agustus 2022
0

JAKARTA, BERNAS.ID – Pengalaman olahraga lari akan mengalami perubahan yang lebih aktraktif dan immersive dengan dihadirkannya 99Virtual Race (99VR)- platform aplikasi olahraga lari virtual yang sudah tersedia di dalam platfom Metaverse. Dengannya, para olahragawan pengguna platform 99VR dapat melakukan kegiatan berolah raga secara virtual, layaknya berlari bersama secara nyata.

Untuk mewujudkannya, 99VR berkolaborasi dengan WIR Group- perusahaan Augmented Reality (AR) terkemuka di Asia Tenggara mengembangkan platform lari virtual di metaverse. Nota kesepahaman kerjasama kedua pihak ditandatangani Gupta Sitorus, Chief Marketing Officer WIR Group dengan Stevie Go CEO & Founder dari 99VR, pada Kamis, 9 Juni 2022 di lingkungan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Baca Juga Militer Rusia Latihan Tembak Rudal Nuklir

“Dengan ditandatanganinya kerjasama ini bersama WIR, maka kami akan segera mewujudkan era baru dalam dunia olahraga di mana para pengguna 99VR dapat berlari dan bersepeda, bahkan berkompetisi dengan siapa saja di metaverse,” ujar Stevie.

Lebih lanjut, Stevie menjelaskan platform lari 99 Virtual Race sebelumnya telah berdiri sejak Mei 2017 yang bisa diunduh di Appstore dan Playstore memiliki tujuan untuk mendorong masyarakat luas agar dapat menjadikan kegiatan berolahraga menjadi gaya hidup sehari-hari.

Melalui inovasi teknologi Metaverse, kegiatan berolah raga yang dilakukan oleh 99VR ke depannya diharapkan dapat memberikan pengalaman yang lebih seru, lebih menarik, dan lebih immersive (pengguna bisa merasakan suasana yang mirip dengan dunia nyata). “Mereka bisa janjian di metaverse untuk berlari atau bersepeda bersama-sama meskipun saat itu berbeda lokasi di dunia nyata,” tutur Stevie.

“Bahkan mereka bisa merasakan gamifikasi lebih banyak dan seru di metaverse. Ditunggu aja keseruannya nanti ya,” katanya menambahkan.

Baca Juga Mendagri Ajak Seluruh Daerah Kelola Sampah Dengan Baik

Metaverse sendiri merupakan kombinasi teknologi Augmented Reality (AR), termasuk Virtual Reality (VR) dan video yang diintegrasikan sehingga memungkinkan penggunanya berada di dalam dunia virtual. Ini bukan kali pertama 99VR mengadopsi teknologi digital. Sebelumnya mereka telah melengkapi aplikasi virtual race-nya dengan Artificial intelligence (AI) untuk mengurangi kecurangan. “Saat ini merupakan waktu yang tepat untuk bergabung dengan metaverse yang merupakan suatu keniscayaan dan mulai banyak dimanfaatkan untuk mengembangkan berbagai sektor kebutuhan industri termasuk olah raga,” lanjut Stevie.

Sebagai pengembangan kerjasama di dunia metaverse 99VR ke depannya akan melakukan beberapa fase penggunaan teknologi terkini, seperti penambahan fitur mirroring, di mana para pengguna nantinya akan dapat menggunakan avatar mereka untuk bisa ikut berlari atau bersepeda di dunia metaverse. Tak hanya itu, nanti akan ada token, NFT, serta kegiatan menarik yang diciptakan secara berkesinambungan.

Hadirnya 99VR di metaverse akan makin mempertegas tagline 99V, yakni Let’s race in the global playground, yang bermakna ‘Anyone’, berolahraga sendiri maupun bersama teman-teman; ‘Anywhere’, kegiatan olahraga bisa dilakukan di mana saja; ‘Anysports’, tidak hanya olahraga lari, berjalan, bersepeda, berenang, dan workout juga bisa dilakukan; dan ‘Simple healthy digital solution’, mengikuti berbagai event virtual dan gamifikasi melalui 1 (satu) aplikasi;

Sementara Gupta Sitorus, Chief Marketing Office WIR Group mengatakan bahwa dengan terjalinnya kerjasama dengan 99VR membuktikan bahwa platform metaverse merupakan wahana penting bagi seluruh lini sektor bisnis  dan lembaga apapun yang ingin mengembangkan visinya di era digital. “Berbagai pengembangan inovasi sangat mungkin dilakukan melalui platform metaverse di berbagi sektor, tinggal bagaimana kita bisa menggali kreativitas dan imajinasi yang kuat untuk dapat mengaplikasikannya karena nantinya disesuaikan dengan kebutuhannya,” jelas Gupta.

“Metaverse memungkinkan berbagai pihak untuk dapat melakukan lompatan melalui transformasi digital serta mendapatkan benefit dari penerapan teknologi tersebut, saat ini kami menilai bahwa 99VR memiliki visi dan misi kuat dalam upayanya untuk terus meningkatkan kemampuan diri dengan mengadopsi teknologi digital terkini, metaverse. Kedepannya, WIR Group berharap akan lebih banyak sektor di Indonesia yang masuk ke platform metaverse yang kami kembangkan guna meningkatkan ekosistem yang ada, sehingga transformasi digital di Indonesia akan lebih cepat tercapai,” tutup Gupta.

WIR Group sebagai perusahaan teknologi berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI) sebelumnya telah mendapatkan 5 (lima) paten global untuk AR yang teregistrasi pada  Patent Cooperation Treaty (PCT). Adapun tujuan dari pendaftaran melalui skema PCT tersebut adalah untuk memberikan perlindungan kekayaan intelektual di skala internasional atas invensi dan inovasi yang dilakukan oleh perseroan. Dengan kesiapan infrastruktur dan ekosistem metaverse yang berkesinambungan, membuktikan komitmen WIR Group dalam melakukan inovasi teknologi sekaligus memberikan kenyamanan bagi publik pengguna teknologi yang dikembangkan WIR Group. (*/jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.