Berita Nasional Terpercaya

Pemkot Jogja Awasi Penyaluran dan Kesesuaian Ukuran Elpiji 3 Kg

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Jogja memastikan pengawasan terhadap penyaluran dan kesesuaian ukuran tabung gas elpiji 3 Kilogram (Kg) akan terus dioptimalkan di wilayahnya.

Upaya ini untuk memastikan bahwa penyaluran gas 3 Kg tepat sasaran sesuai dengan peruntukkannya dan ukuran tabung sesuai dengan ukuran yang tertera pada label.

Kepala Disdag Kota Jogja, Veronica Ambar Ismuwardani menyebut, pihaknya menggandeng UPT Meterologi Legal setempat dalam memastikan ketepatan ukuran gas elpiji di wilayahnya.

“Untuk pemantauan, kita sudah kerja sama dengan UPT Meterologi dalam mentera ulang demi menjamin ketepatan ukuran,” katanya, Selasa (14/6/2022).

Baca juga: Gas Elpiji 3 Kg, Subsidi Negara untuk Rakyat Tak Mampu

Sampai saat ini ada sebanyak 14 agen dan 874 pangkalan yang menyalurkan gas elpiji 3 Kg di Kota Jogja. Kepada agen dan pangkalan juga diwajibkan untuk mengisi logbook sebagai pertanggungjawaban dalam penyaluran gas elpiji.

“Di logbook nanti ada jelas tertera mengenai informasi stok, barang masuk dan lain sebagainya sehingga bisa tahu penyalurannya dengan jelas,” ungkap Ambar.

Baca juga: Ada Rencana Pemerintah di Balik Langkanya Gas Elpiji Ukuran 3 Kg

Kepala Bidang Ketersediaan Pengawasan dan Pengendalian Perdagangan Disdag Kota Jogja, Sri Riswanti menambahkan, pada tahun ini pihaknya mengajukan kuota elpiji 3 Kg sebanyak 21.956 metrik ton atau setara dengan 8.065.170 tabung.

“Juga diusulkan kuota fakultatif dalam rangka kebutuhan hari besar keagamaan nasional dan juga mengantisipasi lonjakan permintaan terutama di saat menjelang adanya PTM di sekolah untuk kebutuhan UMKM,” jelasnya.

Adapun kuota fakultatif itu diajukan dengan jumlah 5-7 persen dari kebutuhan bulanan. Pengajuan itu juga tergantung dengan kondisi stok yang dimiliki oleh Pertamina selaku produsen.

“Yang kuota tahunan itu kita bagi rata per bulan, sementara yang untuk fakultatif itu beda lagi dan itu tergantung dari jumlah stok yang ada di Pertamina,” tandas dia. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.