Berita Nasional Terpercaya

Bawaslu Sleman Siap Awasi Pemilu 2024

1

SLEMAN, BERNAS.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sleman siap mengawasi penyelenggaraan tahapan Pemilu 2024. Penyelenggaraan Pemilu 2024 secara resmi dimulai hari ini, Selasa (14/6/2022) berdasarkan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024.

Komitmen Bawaslu Sleman diwujudkan dalam Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024 secara daring di halaman Sekretariat Bawaslu Kabupaten Sleman. Apel siaga ini dilaksanakan secara serentak oleh Bawaslu RI, yang dipimpin secara langsung oleh Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja.

“Apel ini wujud komitmen Bawaslu mulai dari tingkat pusat sampai jajaran terbawah untuk menyukseskan peyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang agar berjalan secara demokratis,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman, M Abdul Karim Mustofa seusai mengikuti Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024.

Baca Juga Guru Bangsa Buya Syafii Tutup Usia, Ganjar Pranowo Berkisah

Kesiapan Bawaslu Sleman dalam mengawasi tahapan Pemilu 2024, lanjut Karim, tak hanya kesiapan fisik personel semata, tapi juga keahlian atau skill pengawasan. Sejak dini, Bawaslu Sleman secara rutin melakukan peningkatan kapasitas sebagai modal menghadapi penyelenggaraan tahapan Pemilu ini.

“Kita ketahui bersama bahwa tantangan penyelenggaraan Pemilu ke depan tidaklah mudah, banyak tantangan yang harus dihadapi, apalagi Pemilu besok juga akan dilanjutkan dengan pelaksanaan Pilkada Serentak secara nasional, tentu butuh persiapan yang matang,” kata Karim.

Baca Juga Militer Rusia Latihan Tembak Rudal Nuklir

Sesuai Peraturan KPU tentang Tahapan dan Jadwal Pemilu 2024, lanjut Karim, tahapan terdekat yang akan diawasi Bawaslu adalah pendaftaran dan verifikasi peserta Pemilu 2024. Berkaca pada Pemilu 2019 di Kabupaten Sleman, tahapan pendaftaran dan verifikasi peserta Pemilu masih dijumpai berbagai permasalahan.

“Di antaranya soal kepengurusan ganda partai politik peserta Pemilu, pencatutan nama ASN, TNI, dan Polri yang mendukung peserta Pemilu tertentu, ini kan tidak diperbolehkan oleh undang-undang,” jelasnya.

Melalui Apel Siaga ini, Karim mengatakan mulai hari ini, Selasa (14/6/2022) jajaran Bawaslu harus siap selalu dalam mengawasi proses tahapan Pemilu 2024. Melalui pengawasan Pemilu yang baik, diharapkan pelaksanaan tahapan Pemilu 2024 di Kabupaten Sleman akan berjalan dengan lancar dan damai, tanpa kendala yang berarti.

“Mulai detik ini, kami harus sudah siap selalu 24 jam mengawasi tahapan Pemilu ini,” tukasnya. (*/jat)

1 Comment
  1. […] Baca Juga : Bawaslu Sleman Siap Awasi Pemilu 2024 […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.