Berita Nasional Terpercaya

“Setelah Yang Baur Enggan Usai” Bisa Dinikmati di IndieArt House

1

BANTUL, BERNAS.ID – Pameran seni rupa bertajuk “Setelah Yang Baur Enggan Usai” digelar di IndieArt House Yogyakarta, hari ini, 16 Juni hingga 30 Juni 2022. Ini adalah hasil kolaborasi tiga perupa muda, Bernandi Desanda, Mutiara Riswari dan Rangga Aputra.

“Setelah Yang Baur Enggan Usai dapat dimaknai juga sebagai post-hybridity. Dengan kata lain, segala identitas diri yang terbukti selalu hasil dari hibrida genetik hingga identitas budaya, pada akhirnya selalu dituntut untuk memilih atau berpihak, kendati di tengah arus pembauran yang deras tiada henti,” ujar Adhi Pandoyo selalu kurator pameran dalam pembukaan acara, Rabu (15/6/2022) petang.

Baca juga: “Charity 94”, Pameran Seni Untuk Kemanusiaan Dari Seniman Seangkatan

Karya-karya Bernandi Desanda, Mutiara Riswari dan Rangga Aputra yang tampak dalam pameran ini, menurut dia menjadi jalinan upaya keberpihakan pada survival mereka masing-masing. Setelah segala pembauran latar belakang beserta kompleksitas perjalanan hidup yang mustahil ditolak dan terus menerus membaurkan keyakinanannya.

“Maka melalui pameran ini, para seniman kambali mencoba mengenali diri lebih dalam lagi, maupun mengajak publik untuk lebih mengenal senimannya lebih dekat lagi, dari artefak hingga karyanya,” jelas dia.

Baca juga: “Well Done”, Pameran Karya 3 Perempuan, Digelar Di Indieart House

Karya Mutiara Riswari dan Rangga Aputra di pameran "Setelah Yang Baur Enggan Usai" (foto: Deny Hermawan)
Karya Mutiara Riswari dan Rangga Aputra di pameran “Setelah Yang Baur Enggan Usai” (foto: Deny Hermawan)

 

Terdapat belasan karya seni rupa yang disajikan dalam pameran ini. Sebagian besar berupa lukisan. Rencana awal, ada empat orang yang bakal berpameran. Tapi karena satu kendala dan lainnya, hanya tiga seniman yang terlibat dalam gelaran ini.

I Nyoman Darya selalu pengelola IndieArt House merasa bahwa kini sudah banyak pameran seni yang mulai digelar di Yogyakarta. Namun apa yang disajikan ketiga seniman muda yang berpameran ini menurutnya spesial, karena memiliki tema yang menarik, terkait jati diri.

“Karya-karya yang disajikan ketiga teman-teman seniman sangat mewakili dirinya masing-masing,” kata Nyoman. (den)

1 Comment
  1. […] Baca juga: “Setelah Yang Baur Enggan Usai” Bisa Dinikmati Di IndieArt House […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.