Berita Nasional Terpercaya

KPOTI Sleman Akan Hidupkan Kembali Permainan dan Olahraga Rakyat

Bupati Sleman – 17 Agustus 2022
0

SLEMAN, BERNAS.ID – Ketua KPOTI (Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia) Pusat, Dr Zaini Alif melantik secara langsung pengurus 20 pengurus KPOTI Kabupaten Sleman di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Jumat (17/6/2022).

Dr Zaini mengatakan, Indonesia menjadi negara yang memiliki permainan rakyat dan olahraga tradisional di dunia dengan jumlah sebanyak 2600 jenis. Menurutnya, permainan tradisional mengandung nilai-nilai yang baik untuk anak-anak.

“Misalnya permainan dakon atau congklak yang ada di seluruh dunia. Congklak mengandung proses nilai seperti konsep berbagi dan kebiasaan memberi,” tuturnya.

Baca Juga Militer Rusia Latihan Tembak Rudal Nuklir

Ia pun menyebut permainan rakyat dan olahraga tradisional memiliki nilai-nilai yang sesuai dengan konteks-konteks Pancasila. Ia pun bercerita saat diundang ke Belanda untuk mengenalkan permainan olahraga rakyat di kota-kota mereka. “Saya mengajari cucunya Ratu Beatrik untuk permainan tradisional. Saya heran di Sekolah Istana mengajarkan permainan tradisional,” ujarnya.

Lanjut tambahnya, tidak ada prosotan di sekolah istana, tapi justru ada enggrang, engklek, atau gobak sodor. “Setelah selesai acara, saya bertanya kepada guru-guru, kenapa di lingkungan sekolah istana, mengajarkan permainan tradisional? Mereka menjawab permainan tradisional mengajarkan kepemimpinan dan menciptakan pemimpin,” tuturnya.

“Hal itu sudah berjalan ratusan tahun. Nah itulah pentingnya permainan tradisional,” imbuhnya.

Baca Juga Penembakan Dan Ledakan Bom Mewarnai Pilpres Filipina

Sekretaris KPOTI DIY, Syah Deni Lubis berharap pengurus baru ini mampu mendukung dan mengangkat permainan rakyat dan olahraga lokal, khususnya di Kabupaten Sleman. “Hari ini permainan rakyat dan olahraga lokal hanya menjadi kenangan, tapi ke depan, harus menjadi kebutuhan untuk anak-anak kita,” ujarnya.

Ia pun meyakini permainan rakyat dan olahraga lokal membentuk anak-anak menjadi seorang pemimpin. “Kami terus mengupayakan pengurus baru seluruh kabupaten harus dilantik dulu di Yogyakarta baru nanti pelantikan pengurus untuk provinsi,” ucapnya.

“Kita berencana akan membuat Festival Enggrang dengan target 5000 peserta dari seluruh DIY. Harapannya nanti mengembalikan olahraga dan permainan ke anak-anak,” imbuhnya.

Syukron Arif Muttaqin, Ketua KPOTI Sleman terpilih periode 2022-2027 mengatakan ke depannya, ia bersama pengurus dan para relawan akan meneruskan dan melindungi generasi muda agar tetap bangga dengan budaya sendiri. “Hari ini, anak kita sudah mulai lupa, meninggalkan, atau tidak kenal dengan permainan rakyat. Kami akan melakukan pengembangan permainan rakyat,” tuturnya.

Ia pun akan meminta bimbingan kepada seluruh pihak terkait agar KPOTI Sleman bisa menjalankan tugas sebaik-baiknya. “Harapannya, dengan kekompakan kita akan semakin memajukan, mengawal, dan mengenalkan permainan rakyat dan olahraga lokal, khususnya di Kabupaten Sleman,” tukasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.