Berita Nasional Terpercaya

China Luncurkan Kapal Induk Ketiga

0

CHINA, BERNAS.ID – China meluncurkan kapal induk ketiga bernama Fujian di Kota Shanghai, Jumat (17/6/2022). Kapal induk produksi dalam negeri ini diklaim lebih canggih dari dua kapal induk sebelumnya, Shandong dan Liaoning.

Namun, tidak diketahui kapal induk tersebut mulai beroperasi mulai kapan. Sebelumnya, kapal induk pertama Liaoning ditugaskan pada tahun 2012. Sedangkan, kapal induk Shandong ditugaskan pada tahun 2019.

Baca Juga Penembakan Dan Ledakan Bom Mewarnai Pilpres Filipina

Kantor berita Xinhua melaporkan kapal induk pertama produksi China ini dilengkapi fitur perangkat lepas landas (catapult). Fujian dapat menampung beban lebih dari 80 ribu ton.

Tak hanya itu, kapal Fujian dilengkapi dengan perangkat elektromagnetik dan perangkat untuk memperlambat kecepatan pesawat saat mendarat. “Uji pelayaran dan menambat akan dilakukan seperti rencana setelah kapal itu diluncurkan,” tulis laporan media Pemerintah CCTV.

Baca Juga Militer Rusia Latihan Tembak Rudal Nuklir

Peluncuran kapal induk Fujian ini dilakukan di tengah tensi China-Amerika Serikat yang sedang memanas dalam beberapa pekan terakhir. Salah satu penyebabnya, tekanan Beijing ke Taiwan, yang diklaim China merupakan bagian dari kedaulatan mereka.

Untuk kedua kapal induk China sebelumnya, masih menggunakan platform lompatan ski untuk peluncuran pesawat. Kedua kapal itu juga tak memiliki sistem perangkat lepas landas catapult.

Saat ini, China sering menempatkan kapal perang mereka di Selat Taiwan. Beijing juga sering mengerahkan jet tempur mereka untuk mengusir AS dan sekutunya. Diketahui, AS memiliki kapal induk terbanyak yang masih beroperasi, yakni sebelas buah. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.