Berita Nasional Terpercaya

Luhut Ingin Hapus Minyak Goreng Curah, Begini Kata Mendag Zulkifli Hasan

Bupati Sleman – 17 Agustus 2022
0

JAKARTA, BERNAS.ID – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan merespons keinginan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang berencana akan menghapus minyak goreng curah.

Zulhas, sapaannya, mengaku lebih memilih untuk menginisiasi pemenuhan minyak goreng dalam bentuk kemasan sederhana daripada minyak goreng curah dihapus.

“Kalau minyak goreng curah dihapus sedangkan ini (minyak goreng kemasan sederhana) belum siap, kan tambah rusak lagi. Semuanya bertahap ya, kan gak bisa satu hari kelar,” kata Zulkifli Hasan, Jumat (17/6/2022).

Baca juga: Zulkifli Hasan Dilantik Jadi Mendag, Anis Matta: Saya Salut Nyalinya, Berani Memegang Bara Api

Lebih lanjut dia mengatakan, proses mengganti sebuah kemasan minyak goreng curah butuh waktu dan melalui tahapan tertentu. Kemasan baru diklaim lebih efisien dan memperlancar pendistribusian.

“Saya tidak mengatakan dihapus, tapi harus ada yang lebih baik. Kami coba usaha yang lebih bagus, mungkin jalan keluarnya kemasan sederhana. Kemasan sederhana apa bisa menyelesaikan semuanya? Perlu waktu. Mungkin sebulan, dua bulan,” kata dia.

“Kemudian, salah satu kebijakan yang akan diambil adalah mengganti kemasan minyak goreng curah dengan yang baru. Perkiraan ongkos untuk kemasan sederhana adalah Rp 500,” sambung Zulkifli Hasan.

Baca juga: Kisruh PAN, Hubungan Keluarga Amien Rais-Zulkifli Hasan Disinggung

Sebelumnya, Menko Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah akan menghapus minyak goreng curah yang beredar di pasaran.

Alasannya adalah lantaran minyak goreng curah kurang higienis. Proses penghapusan minyak goreng curah ini pun nantinya akan dilaksanakan secara bertahap. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.