Berita Nasional Terpercaya

Satgas Nusantara Cegah Polarisasi-Hoaks Pemilu 2024

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Mabes Polri akan membentuk satuan tugas khusus bernama Satgas Nusantara untuk mencegah polarisasi dan memberantas hoaks terkait Pemilu 2024. Satgas ini dibentuk berdasarkan pengalaman Pemilu 2019 yang sarat politik identitas, hoaks, hingga ujaran kebencian.

Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, satgas dibentuk untuk mencegah perpecahan di masyarakat. Menurutnya, Satgas Nusantara sebagai bentuk cooling system. “Satgas Nusantara akan melakukan sosialisasi serta peningkatan literasi terkait Pemilu di masyarakat. Selain itu, mereka akan menegur pihak-pihak yang menyebarkan konten-konten bermasalah atau memecah belah masyarakat,” tuturnya, Minggu (19/6).

Baca Juga Penembakan Dan Ledakan Bom Mewarnai Pilpres Filipina

Lanjut tambahhya, Satgas Nusantara akan melakukan penegakan hukum apabila pihak yang memicu polarisasi tak mau berhenti meski diberi peringatan. Namun, sebelumnya, dilakukan upaya preventif dan humanis tetap lebih diutamakan.

“Diingatkan, sekali dua kali masih melakukan tindakan yang sama, maka upaya penegakan hukum harus dilakukan agar tidak terjadi lagi kegiatan seperti itu,” jelasnya.

Dedi menjelaskan Satgas Nusantara tersebut akan diluncurkan bersamaan dengan Operasi Mantap Brata dalam rangka pengamanan Pemilu 2024. Operasi Mantap Brata akan dilaksanakan dalam waktu dekat. “Ini masih kita godok terus, berapa kekuatan, kemudian ancaman apa saja yang dimungkinkan akan terjadi, berapa sarana prasarana yang digunakan,” jelasnya.

Baca Juga Militer Rusia Latihan Tembak Rudal Nuklir

Dedi mengatakan operasi diawali dengan merumuskan pengamanan untuk setiap tahapan pemilu. Menurutnya, setiap tahapan pemilu akan memiliki potensi gangguan keamanan ketertiban masyarakat yang berbeda-beda. “Korps Bhayangkara akan menyiapkan skema pengamanan yang tepat agar proses pemilu serentak dapat berlangsung aman dan demokratis,” tukasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.