Berita Nasional Terpercaya

Pangdam IV/Diponegoro Buka Piala Kasad Liga Santri PSSI 2022

0

SEMARANG, BERNAS.ID – Panglima Kodam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono secara resmi membuka  turnamen Piala Kasad Liga Santri PSSI 2022 wilayah Jateng di lapangan bola Yonarhanud 15/DBY, Jatingaleh, Candisari, Semarang, Senin (20/6/2022).

Pangdam IV/Diponegoro menjelaskan untuk wilayah Kodam IV/Diponegoro turnamen  tersebut diikuti 164 tim dengan 4.592 peserta.

Turnamen bertujuan untuk mencari bibit unggul pemain sepak bola dari kalangan  santri, sekaligus sebagai ajang silaturahmi sesama santri dengan TNI AD serta seluruh masyarakat.

“Mudah mudahan ini dapat memberikan tambahan kebahagiaan, hiburan maupun rekreasi untuk para Santri diluar waktu belajar mengajar. Mudah mudahan dari mereka juga ada yang berprestasi,” ungkap Pangdam.

Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jateng Yoyok Sukawi menambahkan, pihaknya menyambut dengan gembira turnamen yang digelar oleh TNI AD tersebut. Sebab saat ini pembinaan sepakbola semakin diperhatikan, untuk itu Asprov bersama dengan seluruh Askot di Jateng siap mendukung penuh pelaksanaan Turnamen tersebut.

“Asprov bersama dengan seluruh Askot di Jateng siap mendukung penuh para panitia penyelenggara, khususnya TNI AD dalam mensukseskan Turnamen Piala Kasad ini,” tandasnya.

Baca Juga: PSSI Pastikan Joko Widodo Membuka Piala Presiden

Acara tersebut dihadiri Irdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Mirza Agus, S.I.P., Kapok Sahli Pangdam Brigjen TNI Joko Triyanto, S,E., M.M., para Asisten Kasdam, Kabalakdam, para Dansat, Kadisporapar, Ketua Koni, Kakankemenag Provinsi Jateng serta Forkopimda Semarang.

Pada kesempatan yang sama, turnamen Piala Kasad Liga Santri PSSI 2022 yang dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Indonesia tersebut juga secara resmi dibuka oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M., melalui Vidcon dari Stadion Merdeka, Jombang, Jatim.

Melalui amanat yang dibacakan oleh Pangdam IV/Diponegoro, Kasad menyampaikan  turnamen tersebut merupakan salah satu bentuk perhatian TNI AD akan kemajuan sepak bola Indonesia, di mana olahraga kulit bundar tersebut merupakan salah satu olah raga yang paling digemari semua kalangan usia dan semua lapisan masyarakat.

Baca Juga: Setelah Vakum 3 Tahun, Piala Walikota Jogja 2021 Digelar 5-12 November

“Secara khusus kegiatan ini sebagai wadah silaturahmi para santri seluruh Indonesia yang ada di 34 provinsi,” ungkap Kasad.

Turnamen diawali mulai tingkat kabupaten/kota dari 20 Juni hingga 30 Juli, dilanjutkan tingkat provinsi dari 7 Agustus hingga 23 September, hingga tingkat nasional dari 25 September hingga 22 Oktober.

Selain sebagai wadah untuk menciptakan kemanunggalan TNI dengan rakyat, kegiatan tersebut juga berfungsi sebagai wahana pembinaan potensi sepak bola bagi generasi muda, sekaligus mencari talenta berbakat.

Kepada seluruh peserta Kasad berpesan agar selama pertandingan harus dilakukan dengan semangat, fokus dan optimal dalam menunjukkan potensi diri guna mencapai prestasi terbaik, namun tentunya dengan selalu menjunjung sportivitas. Kasad juga menekankan kepada panitia penyelenggara agar pertandingan selalu menjunjung tinggi fair play.

“Hanya pemain yang bermental kuat dan memiliki jiwa petarung yang akan mencapai kemenangan dan hasil terbaik dalam setiap pertandingan. Untuk itu junjung sportivitas, kedepankan rasa persahabatan, persaudaraan, persatuan dan kesatuan agar meningkatnya soliditas dan solidaritas sesama Santri,” pesannya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.