Berita Nasional Terpercaya

Menlu Retno Sebut Jokowi Akan Jadi Juru Damai Zelensky-Putin

1

JAKARTA, BERNAS.ID – Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi juru damai Presiden Volodymyr Zelensky dan Presiden Vladimir Putin. Jokowi akan datang ke Rusia dan Ukraina untuk mendorong perdamaian.

Menlu Retno menyebut Presiden Jokowi memiliki sejumlah agenda selama rangkaian lawatan ke Ukraina dan Rusia. “Kunjungan presiden ini menunjukkan kepedulian terhadap isu kemanusiaan, mencoba memberikan kontribusi untuk menangani krisis pangan yang diakibatkan karena perang,” tuturnya dalam jumpa pers virtual, Rabu (22/6).

Baca Juga Penembakan Dan Ledakan Bom Mewarnai Pilpres Filipina

Lanjut tambahnha, dampak peperangan dirasakan oleh semua negara, terutama negara berkembang dan berpendapatan rendah. Untuk itu, kunjungan Presiden Jokowi akan terus mendorong spirit perdamaian. “Jokowi akan menjadi pemimpin negara Asia pertama yang melawat Ukraina dan Rusia di tengah perang ini,” ujarnya.

Sebelumnya, kabar pertemuan Jokowi dan Putin sudah banyak disinggung dalam beberapa waktu belakangan. Sejak perang bulan Februari lalu, posisi Indonesia memang kerap menjadi sorotan, terutama karena Indonesia yang sedang menyandang presidensi G20, di mana Rusia menjadi salah satu anggota.

Baca Juga Militer Rusia Latihan Tembak Rudal Nuklir

Indonesia menyatakan akan tetap mengundang Putin sebagai kepala negara anggota G20 dalam konferensi tingkat tinggi (KTT) yang bakal digelar di Indonesia akhir tahun ini.Keputusan Indonesia ini menuai kritik dari sejumlah pihak, terutama negara-negara Barat, termasuk Amerika Serikat. (jat)

1 Comment
  1. […] Baca juga: Menlu Retno Sebut Jokowi Akan Jadi Juru Damai Zelensky-Putin […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.