Berita Nasional Terpercaya

Berbagai Media Asing Soroti Misi Damai Jokowi yang Akan Temui Zelensky-Putin

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Sejumlah media asing menyoroti rencana Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) akan berkunjung ke Ukraina dan Rusia menemui Presiden Volodymyr Zelensky dan Presiden Vladimir Putin untuk jadi juru damai.

Kunjungan itu dilakukan setelah Jokowi menghadiri undangan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Jerman, 26-28 Juni.

Media Reuters menonjolkan dalam judul berita upaya Jokowi menjadi juru damai antara Rusia dan Ukraina. “Ketua G20 Indonesia Dorong Perdamaian dengan Kunjungan Ukraina, Rusia,” demikian judul laporan Reuters.

“Presiden Indonesia Joko Widodo akan mengunjungi Ukraina dan Rusia pekan depan untuk bertemu mitranya itu dan mendesak resolusi damai atas konflik yang terjadi, demikian disampaikan Menteri Luar Negeri [Retno Marsudi],” tulis Reuters.

Media The Strait Times juga turut memberitakan rencana kunjungan Jokowi ke Ukraina dan Rusia.

“Menggambarkan bahwa kunjungan ini dilakukan ‘di situasi yang abnormal’, Ibu Retno mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo ‘memilih mencoba berkontribusi dan tidak ingin tetap diam’ di tengah ‘situasi rumit dan permasalahan yang kompleks’ yang dihadapi dunia,” demikian tulis The Strait Times.

Baca juga: Menlu Retno Sebut Jokowi Akan Jadi Juru Damai Zelensky-Putin

Media itu kemudian menyinggung peran yang diemban Jokowi sebagai Presiden G20 dan anggota Champion Group of the Global Crisis Response Group di bawah Sekretariat Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa.

Media asing lain yang menyoroti misi damai Jokowi bertemu Zelensky dan Putin adalah South China Morning Post (SCMP).

SCMP juga menyinggung soal Presidensi G20 terkait rencana kunjungan Jokowi ke Ukraina dan Rusia.

Baca juga: Jokowi Menelepon Presiden Rusia Agar Menghentikan Perang Di Ukraina

“Indonesia akan mengundang Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dalam pertemuan itu meskipun negara Eropa Timur itu bukan anggota G20. Keduanya telah mengonfirmasi undangan tersebut,” tulis SCMP. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.