Berita Nasional Terpercaya

Bazar UMKM Pespawari 2022 Diharapkan Jadi Ajang Kebangkitan UMKM DIY

0

BANTUL, BERNAS.ID – Sejumlah pelaku UMKM ikut memeriahkan Bazar UMKM Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Tingkat Nasional 2022 yang berlangsung di JEC, hingga 26 Juni nanti. Kegiatan ini diharapkan dapat dijadikan momentum bangkit pelaku UMKM DIY yang dua tahun terakhir terjadi kontraksi akibat pandemi

Kepala Dinas Koperasi dan UKM (Dinkop UKM) DIY Srie Nurkyatsiwi menjelaskan, UMKM DIY yang mengambil bagian dalam bazar ini berkesempatan bagus untuk mempromosikan produk-produk yang mereka miliki. Baik makanan maupun produk.

“Apalagi ini event nasional, sehingga pasarnya juga sangat luas. Harapannya peserta tidak hanya datang untuk berkompetisi saja. Namun bisa menikmati produk-produk UMKM yang ada di DIY,” ungkapnya.

Baca juga: Support UMKM, Pemkab Ponorogo Gelar Bazar Di Wengker Park

Ia meneruskan, pelaku UMKM yang ambil bagian dalam Pesparawi ini sebelumnya telah melalui kurasi yang diselenggarakan oleh pihak penyelenggara. Karena dari Dinkop UKM sebelumnya telah melakukan pengumuman secara terbuka, tentang kegiatan ini.

Pihaknya juga melakukan edukasi kepada pelaku UMKM, sebelum mereka ambil bagian dalam Pesparawi. Jangan sampai para pelaku ini tidak tahu siapa yang menjadi pangsa pasar mereka. Baik dari segi usia, tingkat ekonomi dan yang lain.

Baca juga: 5 Jenis Jualan Laris Dan Menguntungkan Bagi UMKM Selama Ramadan

“Jadi produk-produk yang ditampilkan itu harus sesuai dengan pasar. Jadi kegiatan ini juga jadi ajang edukasi mereka. Mulai dari mempersiapkan produk, bagaimana men-display, digitalisasi keuangan dan yang lain,” ungkapnya.

Guna menarik pengunjung baik dari peserta Pesparawi maupun masyarakat umum, pelaku UMKM menurutnya kini dapat memanfaatkan teknologi. Salah satunya media sosial yang mereka miliki masing-masing. “Ini sekaligus menjadi tantangan. Bagaimana mereka menarik peluang dalam semua kondisi,” katanya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.