Berita Nasional Terpercaya

Google Bantu Penerbit di Indonesia Percepat Pertumbuhan Bisnis

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Dalam rangka merayakan 20 tahun Google News pada minggu ini, Google menyadari betapa pentingnya kemitraan dengan industri berita seiring adaptasi yang dilakukan penerbit untuk menghadapi perubahan perilaku konsumen. Melalui Google News Initiative, Google bermitra dengan berbagai penerbit berita di seluruh dunia untuk membangun industri berita yang berkelanjutan, heterogen, dan inovatif.

“Sejak Google News Initiative (GNI) diluncurkan pada 2018, kami telah bekerja sama dengan berbagai organisasi berita di Indonesia, baik besar maupun kecil, seiring mereka beradaptasi untuk menghadapi berbagai tantangan dunia yang makin digital. Program-program kami, seperti GNI Labs, membantu penerbit mengatasi tantangan bisnis yang spesifik seperti aspek langganan digital, periklanan, dan data, sementara alat-alat kami seperti News Consumer Insights telah membantu ribuan redaksi berita menumbuhkan audiens mereka secara online,” tulis pihak Google lewat keterangan resmi.

Baca juga: Mudah, Cara Sinkronisasi Akun Google Dengan Laptop

“Pada peringatan tahun ini, kami telah belajar dari para mitra bahwa perubahan ke ranah digital perlu waktu, dan kami ingin mendukung penerbit untuk melalui proses transisi ini melalui GNI,” imbuh keterangan tersebut.

Itulah sebabnya, Google menggelar acara berikutnya dalam rangkaian workshop GNI Digital Growth Program di Indonesia, yang disertai sesi untuk memahami audiens. GNI Digital Growth Program adalah program gratis untuk membantu penerbit berita skala kecil dan menengah di seluruh dunia mengembangkan kemampuan yang diperlukan untuk mempercepat pertumbuhan bisnisnya secara online. Program ini adalah hasil pembelajaran yang diperoleh dari berbagai project dan program GNI, dan dibangun melalui kerja sama dengan banyak pakar industri dari berbagai penerbit berita nasional serta asosiasi industri.

Baca juga: Faktor Penentu Google Ranking

GNI Digital Growth Program berfokus pada lima topik: Pendapatan dari Pembaca, Pengembangan Audiens, Pendapatan dari Iklan, Data, dan Produk. Kurikulum kami juga disertai buku pedoman (playbook) yang dipenuhi banyak contoh nyata, latihan interaktif untuk membantu memecahkan masalah serius dalam bisnis, workshop untuk mempraktikkan ilmu-ilmu yang telah dipelajari, dan Lab untuk memberikan konsultasi langsung kepada peserta. Penerbit yang berpartisipasi dalam program ini akan mendapatkan akses ke:

•Pedoman komprehensif yang memberikan strategi dan contoh nyata kepada penerbit untuk membangun dan mengoptimalkan model pendapatan dari pembaca

•Serangkaian latihan interaktif, termasuk latihan Mengukur Peluang untuk membantu penerbit mengestimasi peluang pendapatan dari pembaca yang potensial, diagnostik Funnel Pengguna untuk mengidentifikasi area yang dapat ditingkatkan dari berbagai metrik performa pendapatan utama dari pembaca, dan latihan Menetapkan Sasaran untuk membuat rencana jangka panjang pertumbuhan pendapatan dari pembaca

•Workshop dipandu pakar industri terkemuka yang menawarkan rekomendasi bisnis

•GNI Labs yang memberikan dukungan dipersonalisasi kepada kelompok penerbit, dan pelatihan pribadi dari mitra industri kami

Untuk mendaftar ke workshop terbaru, kunjungi halaman GNI Digital Growth Program.

Sudah sejak lama Google berfokus mendukung organisasi berita seiring mereka mengadaptasi model bisnisnya sesuai lanskap media yang terus berkembang.

“Melalui GNI Digital Growth Program, kami ingin bekerja sama dengan lebih banyak perusahaan berita untuk mereformasi bisnis mereka di ranah digital, membuka peluang pendapatan baru, dan membangun pertumbuhan yang berkelanjutan secara online.” (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.