Berita Nasional Terpercaya

Lemdiklat Polri Bangun Masjid Megah untuk Warga Suko Gedangsari Gunungkidul

Bupati Sleman – 17 Agustus 2022
0

GUNUNGKIDUL, BERNAS.ID – Kepala Pusat Pendidikan Masyarakat (Kapusdik Binmas), Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri, Kombes Pol Markilat Heru Prasetyo meresmikan masjid Bumi Damai Al-Ikhlas 51AP untuk warga Pedukuhan Suko, Kalurahan Mertelu, Kapanewon Gedangsari, Gunungkidul, Kamis (23/6).

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti. Kombes Heru bersama rombongan pun langsung menunaikan ibadah Salat Zuhur, yang perdana dilakukan di masjid ini.

Baca Juga Polisi Ungkap Sindikat Curanmor Di Sleman

Masjid ini terbangun berkat dukungan Siswa Batalyon 7 Sekolah Inspektur Polisi (SIP) Angkatan 51 Pusdik Binmas Lemdiklat POLRI. Dukungan diberikan mulai dari dana hingga tenaga. “Selain itu ada juga donasi dari berbagai elemen masyarakat,” kata Heru usai peresmian.

Lanjut tambahnya, lahan tempat dibangunnya masjid sebelumnya merupakan Tanah Wakaf. Pembangunan dan peresmian masjid sekaligus dalam rangka Bakti Sosial untuk Hari Bhayangkara ke-76.

Heru berharap keberadaan masjid ini bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh warga setempat. Menurutnya, masjid merupakan tempat yang bersifat multifungsi, bukan hanya sebagai rumah ibadah. “Selain untuk ibadah, bisa sebagai tempat berkumpul hingga mengasah pengetahuan, baik tentang agama maupun umum,” ujarnya.

Baca Juga Pemda DIY Diminta Bertanggung Jawab Kelola Sampah Secara Profesional

Dukuh Suko, Santo mengucapkan rasa syukurnya atas bantuan pembangunan masjid karena warga bisa memiliki rumah ibadah yang layak apalagi lokasinya yang tenang dan sejuk karena berada di puncak bukit. “Warga nantinya bisa menjalani ibadah di Masjid Bumi Damai Al-Ikhlas 51AP ini secara khidmat,” katanya.

Adi Winoto, tokoh masyarakat Suko menceritakan Masjid Bumi Damai Al-Ikhlas sudah ada sejak lama, tapi kondisi bangunannya saat itu dinilai belum layak. Proses pembangunannya saat itu harus terhenti di tengah jalan karena tidak adanya biaya. Selanjutnya, pembangunan kembali dilanjutkan berkat bantuan dari Siswa Batalyon 7 SIP Angkatan 51 Pusdik Binmas Lemdiklat POLRI.

“Kami sangat berterimakasih akhirnya masjid ini selesai dibangun dan menjadi megah serta mewah,” tuturnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.