Berita Nasional Terpercaya

Kota Jogja Berkomitmen Berantas Tuberkolosis Hingga 2024

1

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Pemerintah Kota Yogyakarta berkomitmen untuk mendukung program pusat untuk mempercepat Indonesia bebas dari penyakit Tuberkulosis (TB) pada tahun 2050 dan melakukan percepatan eliminasi TB tahun 2030. Sejak 2020-2024 mendatang Pemkot Jogja telah melakukan berbagai upaya dalam menekan angka kasus TB di wilayah.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jogja, Emma Rahmi Aryani menyebut, pada 2021 perkiraan kasus baru TB di Kota Jogja ada sebanyak 1.352 kasus. Namun begitu penemuan kasus TB yang dilaporkan fasilistas kesehatan ada sejumlah 879 kasus, sehingga penemuan kasus TB baru terhitung 65 persen.

“Kasus yang belum ditemukan ini berpotensi menjadi sumber penularan baru,” ujarnya, Kamis (30/6/2022).

Baca juga: Upaya Jogja Untuk Bebas Dari Tuberculosis Pada 2030

Adapun target keberhasilan pengobatan kasus TB dari Kemenkes RI sebanyak 90 persen, sedangkan di Kota Jogja pada 2020 mencapai 79 persen dan 87 persen di 2021. Beberapa upaya yang dilakukan pihaknya untuk mencapai tujuan itu yakni dengan layanan rujukan TB Resisten Obat (RO), memanfaatkan kelurahan siaga atau membuat tim penanggulangan TB di tingkat masyarakat, serta meningkatkan cakupan pengobatan pencegahan TB untuk kontak serumah dan Orang Dengan HIV.

“Upaya dalam menanggulangi kasus TB di Kota Yogya pada tahun 2020-2024 diharapkan mampu mempercepat mencapai eliminasi pada tahun 2030 serta mengakhiri TB di tahun 2050,” ujar Emma.

Baca juga: Masalah Penyakit Tuberkulosis, Ini Target Kemenkes

Sebagai tambahan informasi, Peraturan Presiden No. 67/2021 tentang Penanggulangan Tuberkulosis di kabupaten/kota menyebut, pemerintah bertanggung jawab mencantumkan indikator TB dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah dan rencana strategis pemerintah daerah sebagai salah satu prioritas kesehatan di daerah.

Selain itu juga menyediakan dan meningkatkan sumber daya manusia untuk mencapai target standar pelayanan minimal dan menyediakan pendanaan terkait penanggulangan TB serta melakukan penemuan kasus TBC secara aktif dan cepat dengan melibatkan masyarakat. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.