Berita Nasional Terpercaya

Bongbong, Putra Diktator Marcos Jr Resmi Menjadi Presiden Filipina

Bupati Sleman – 17 Agustus 2022
1

FILIPINA, BERNAS.ID – Ferdinand Marcos Jr alias Bongbong resmi menjadi Presiden Filipina setelah mengucap sumpah di hadapan ratusan perwakilan pemerintahan lokal dan asing di Museum Nasional Manila, Kamis (30/6). Bongbong merupakan putra mantan diktator Filipina, Ferdinand Marcos.

Baca Juga Penembakan Dan Ledakan Bom Mewarnai Pilpres Filipina

Setelah prosesi pelantikan, Bongbong membacakan pidato yang memuji terhadap ayahnya, Ferdinand Marcos yang dikenal luas sebagai diktator di masanya. Menurutnya, ayahnya bekerja lebih keras ketimbang pemimpin pendahulunya sejak Filipina merdeka.

“Saya pernah kenal seorang pria yang melihat betapa negara ini hanya maju sedikit sejak kemerdekaan, tapi dia mengubah segalanya,” kata Bongbong, seperti diberitakan AFP.

“Begitu pula dengan anaknya. Kalian tak akan mendengar alasan-alasan tak penting dari saya,” imbuhnya.

Saat kampanye, Bongbong terus meminta publik untuk tak menyandingkan dia dengan ayahnya yang punya rekam jejak keji. Bongbong juga menyerukan persatuan dan menekankan bahwa ia akan menjadi presiden untuk seluruh rakyat jika terpilih kelak.

Baca Juga Militer Rusia Latihan Tembak Rudal Nuklir

Namun, analis politik menganggap Bongbong akan sangat sulit mewujudkan janji itu karena banyak warga masih trauma dengan kepemimpinan ayahnya dulu.

Marcos lengser setelah demonstrasi besar-besaran di Filipina pada 1986 silam, mengakhiri dinastinya yang sudah bertahan selama dua dekade. Ia dan keluarganya lantas tinggal di pengasingan di Hawaii. Sekembalinya ke Filipina pada 1991, Bongbong terjun ke dunia politik dengan menjadi anggota kongres dan senat. (jat)

1 Comment
  1. […] Baca juga: Bongbong, Putra Diktator Marcos Jr Resmi Menjadi Presiden Filipina […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.