Berita Nasional Terpercaya

Diluncurkan Ulang, Zona PAUD Taman Pintar Miliki Sarana Edukasi Baru 

1

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Pemerintah Kota Yogyakarta bekerja sama dengan Danone Indonesia meluncurkan ulang zona PAUD yang ada di Taman Pintar pada Jumat (1/7/2022). Peluncuran ulang ini juga untuk meramaikan masa liburan sekolah bagi masyarakat dan wisatawan yang ingin bermain sambil belajar.

Penjabat Walikota Jogja, Sumadi mengatakan, anak usia dini merupakan aset bangsa yang mesti diperhatikan tumbuh kembangnya. Keberadaan fasilitas dan sarana yang memadai untuk tumbuh kembang anak akan menciptakan generasi muda yang positif dan siap jadi agen pembangunan bangsa.

“Kami dari Kota Jogja juga punya visi yang sejalan yakni bagaimana memajukan pendidikan dan kesehatan warga. Kami menyadari bahwa pentingnya pembangunan edukasi dini karena dengan begitu adik-adik kita siap sebagai pemimpin bangsa ke depan,” ujarnya.

Baca juga: Taman Pintar Miliki Zona Pengolahan Sampah

Menurutnya, hal ini juga sejalan dengan program Pemkot Jogja yang tengah menyiapkan kota layak anak. “Kami sudah berusaha memfasilitasi kegiatan anak yang itu harus kita akui eksistensi anak itu, mereka sebenarnya mau diakui dan dihargai apakah di bidang seni atau lainnya. Kami juga menyiapkan fasilitas itu dan ruang publik untuk tumbuh kembang anak didik kita,” jelasnya.

Sustainable Development Director Danone Indonesia, Karyanto Wibowo menyebut, pembanguan zona PAUD itu telah dimulai sejak 2006 lalu. Lantaran adanya pandemi COVID-19, kegiatan di zona PAUD sempat vakum dan didirikan untuk dilakukan renovasi.

Di masa liburan sekolah ini pihaknya menganggap jadi momen yang tepat untuk melakukan peluncuran ulang. Ada dua zona yakni PAUD timur dan barat yang telah direnovasi dengan ditambah sejumlah wahana edukasi yang menarik.

“Tujuan kami untuk memberikan sarana edukasi kepada anak PAUD khususnya terkait dengan kesehatan dan kita juga berikan sarana edukasi agar mereka bisa mengembangkan saraf motoriknya, jadi ada fasilitas dan juga kognitifnya sehingga mereka bisa sambil belajar. Fasilitas ini kita gratiskan,” imbuhnya.

Baca juga: Zona Demokrasi Dan Pemilu Hadir Di Taman Pintar. Apa Yang Menarik?

Di dua zona PAUD itu ada sejumlah wahana yang bisa dijadikan tempat bermain sekaligus belajar bagi anak-anak. Misalnya saja wahana pengolahan sampah yang mengajarkan anak untuk belajar mengolah sampah sejak dini, kemudian wahana perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta wahana isi piring yang mengenalkan anak soal pentingnya keseimbangan gizi.

“Kami harapkan bisa jadi pengisi waktu liburan anak sekaligus mereka belajar tentang hal-hal baru,” terang dia. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.