Berita Nasional Terpercaya

Putin Janji Keamanan Ekspor Pangan dan Pupuk dari Rusia atau Ukraina

0

RUSIA, BERNAS.ID – Presiden Rusia, Vladimir Putin berjanji tentang keamanan ekspor  pangan dan pupuk setelah bertemu dan berdiskusi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Perang Rusia dan Ukraina telah mengganggu pasokan pangan dan pupuk kepada ratusan juta masyarakat dunia, terutama di negara berkembang.

Putin pun telah sepakat dan berjanji memberikan jaminan keamanan pasokan pangan dan pupuk dari Ukraina ataupun Rusia. “Saya mendukung upaya PBB reintegrasi komoditas pangan dan pupuk Rusia dan komoditas pangan Ukraina dalam rantai pasok dunia. Khusus untuk jalur ekspor produk pangan Ukraina, terutama melalui jalur laut,” kata Jokowi dalam pernyataan pers bersama Putin di Istana Kremlin, Moskow, Rusia, Kamis (30/6).

“Saya sangat menghargai Presiden Putin yang tadi menyampaikan memberikan jaminan keamanan pasokan pangan dan pupuk dari Ukraina maupun Rusia, ini sebuah berita yang baik,” tambahnya.

Baca Juga Militer Rusia Latihan Tembak Rudal Nuklir

Di akhir pernyataannya, Presiden Jokowi kembali menegaskan Indonesia tidak memiliki kepentingan apapun kecuali ingin melihat perang dapat segera selesai dan rantai pasok pangan, pupuk dan energi dapat segera diperbaiki. “Saya ajak seluruh pemimpin dunia untuk bersama kembali menghidupkan semangat multilateralisme, semangat damai dan semangat kerja sama. Karena hanya dengan spirit ini perdamaian dapat dicapai,” kata Jokowi.

Baca Juga Penembakan Dan Ledakan Bom Mewarnai Pilpres Filipina

Sebelumnya, Rusia telah menarik pasukannya dari Pulau Ular, Ukraina. Mereka menyatakan penarikan pasukan ini merupakan simbol iktikad baik agar Ukraina bisa mengekspor produk agrikultur.

“Pada 30 Juni, sebagai iktikad baik, angkatan bersenjata Rusia merampungkan tugasnya di Pulau Ular dan menarik garnisun di sana,” demikian pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia seperti diberitakan AFP.

Kemhan Rusia mengatakan penarikan pasukan ini membuktikan kepada dunia bahwa Rusia tidak menghalangi upaya PBB untuk membangun koridor kemanusiaan guna mengirimkan produk agrikultur dari Ukraina. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.