Berita Nasional Terpercaya

AKI Terus Fasilitasi UMKM untuk Go Digital

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) merupakan salah satu program unggulan Kemenparekraf RI yang menyasar 16 kabupaten/kota di Indonesia. Shopee turut mendukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia dengan berpartisipasi dalam penyelenggaraan AKI 2022.

Shopee pun telah memberikan mentoring kepada peserta AKI 2022 yang mencakup pelatihan dasar seperti cara membuka toko online, hingga pelatihan lanjutan yang fokus pada pengembangan bisnis online melalui Bimbel Shopee. Peserta AKI 2022 juga menerima pelatihan pembuatan QRIS ShopeePay sebagai salah satu metode pembayaran merchant yang akan digunakan di pameran AKI di berbagai kota di Indonesia, termasuk Yogyakarta. 20 peserta AKI 2022 dari Yogyakarta merupakan hasil kurasi dari 6.351 UMKM pendaftar.

Baca Juga Buya Syafii Ingin Hidupkan Kembali Muhammadiyah Di Kampung Halamannya, Sumatra Barat

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dalam sambutannya mengatakan Pemerintah menargetkan 30 juta UMKM masuk pasar digital atau e-commerce hingga tahun 2023. “AKI kami hadirkan sebagai program untuk mengembangkan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas digital di berbagai kota dan kabupaten di Indonesia. Kami mengapresiasi inisiatif Shopee yang telah berkolaborasi bersama kami untuk mendukung tercapainya tujuan ini dengan memberikan pelatihan dan pendampingan bagi UMKM lokal agar mempercepat UMKM lokal memasuki platform digital,” tuturnya di kegiatan AKI, Amplaz Yogyakarta, Jumat (1/7).

“Kami berharap diselenggarakannya kembali program AKI ini bisa turut mendukung UMKM di seluruh Indonesia untuk naik kelas dan berdaya saing, khususnya di era transformasi digital saat ini.”

Baca Juga Mendagri Ajak Seluruh Daerah Kelola Sampah Dengan Baik

Head of Government Affairs Shopee Indonesia, Ade Mulya menjelaskan komitmen jangka panjang #ShopeeAdaUntukUMKM. “Shopee ingin menjadi kawan dalam setiap perjalanan UMKM Indonesia, termasuk dalam proses digitalisasi mereka. Potensi besar dari pelaku UMKM mendorong kami untuk terus memberikan dukungan terhadap akses digitalisasi UMKM, termasuk di Yogyakarta dan sekitarnya. Kerja sama kami dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi UMKM lokal agar mereka dapat lebih memahami dan merasakan manfaat dari platform digital untuk mengembangkan bisnis secara optimal.”

Kisah Lemonih.id kembangkan usaha bersama Shopee

Seperti yang dirasakan oleh Bryan Santoso, pemilik usaha minuman kesehatan Lemonih.id yang juga merupakan Penjual di Shopee. Menurutnya, pelatihan yang diselenggarakan oleh Shopee dan
Kemenparekraf di rangkaian acara AKI 2022 Kota Yogyakarta telah memberikan perkembangan positif bagi usahanya.

Sejak 2019, Bryan telah bergabung di Shopee. Bagi Bryan, fitur-fitur yang ada di e-commerce ini telah memudahkan Lemonih.id untuk menjangkau lebih banyak konsumen dan dapat meningkatkan kepercayaan konsumen akan produk Lemonih.id sebagai minuman sehat alami.

“Aplikasi Shopee itu user friendly untuk seller dan juga buyer. Promosi iklan yang dapat diukur serta testimoni organik dari buyer juga sangat membantu saya untuk mengembangkan usaha. Dari yang awalnya terjual 70 botol per bulan, setelah optimal di Shopee dan media sosial menjadi lebih dari 70 botol per hari,” ungkap Bryan.

Selain promosi iklan, Lemonih.id juga memanfaatkan berbagai program kampanye di Shopee seperti Gratis Ongkir Xtra, Cash Back Xtra, harga coret, dan Murah Lebay. “Program ini sangat berpengaruh pada traffic buyer saya, terbukti ramai kalau saya ikut program-program ini,” jelas Bryan.

Dia berharap pelatihan dari Shopee dan AKI 2022 ini dapat semakin memperluas jangkauan konsumen sehingga ke depannya omzet terus meningkat. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.