Berita Nasional Terpercaya

Fakultas Teknobiologi UAJY Soroti Bahan Alam untuk Kesehatan

1

SLEMAN, BERNAS.ID – Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FTB UAJY) menyelenggarakan Teknobiotalk #2 Laudato Si’: Bahan Alam untuk Kesehatan secara daring, Rabu (22/6).

Baca Juga Pemda DIY Diminta Bertanggung Jawab Kelola Sampah Secara Profesional

Teknobiotalk #2 mendatangkan tiga pembicara, yaitu Robertus Bellarminus Sutarno yang merupakan Pemenang Kalpataru Nasional 2020, Drs P Kianto Atmodjo, M.Si., Dosen Fakultas Teknobiologi UAJY dan drh. Ignatius Djuniarto, S.Kep., M.M.R., Dosen STIKES Wira Husada dan Pengurus Ecoenzym Nusantara Yogyakarta.

Acara dimoderatori oleh apt. Ines Septi Arsiningtyas, Ph.D. dan dibuka dengan sambutan dari Dekan Fakultas Teknobiologi UAJY, Dr. Dra. Exsyupransia Mursyanti, M.Si.

Mursyanti mengatakan tema Laudato Si’: Bahan Alam untuk Kesehatan karena masyarakat Indonesia bergantung dengan obat-obatan dari bahan alam, sehingga kebutuhan obat-obatan dari bahan alam terus meningkat.

“Tema mengenai bahan alam diangkat juga dikarenakan berkaitan dengan salah satu konsentrasi atau minat yang dikembangkan oleh Program Studi Biologi, Fakultas Teknobiologi UAJY yaitu Teknobioindustri yang berfokus pada kesehatan dan kosmetik, termasuk bahan alam yang bermanfaat,” terangnya.

Baca Juga Militer Rusia Latihan Tembak Rudal Nuklir

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Robertus Bellarminus Sutarno membahas mengenai penyediaan dan penggunaan sumber obat alami yang bermutu dan berkelanjutan. Robertus mengatakan bahwa alam merupakan sumber hidup sehingga diperlukan untuk menjalin hubungan yang baik dengan saudara alam.

“Hidup yang sehat dalam tubuh yang sehat berarti sehat juga dalam jasmani, rohani, ekonomi dan lingkungan. Sehingga pentingnya menyapa dan berteman baik dengan alam,” jelas Robertus.

Topik yang diambil oleh Drs. Patricius Kianto Atmodjo, M.Si. adalah aneka produk fermentasi bahan alam. Ia menjelaskan bahwa mikroorganisme hidup di setiap sudut bumi, sangat diperlukan dalam aspek kehidupan dan bertanggung jawab untuk beberapa penyakit yang mematikan bagi manusia.

“Aneka produk fermentasi bahan alam sangat membantu kehidupan manusia karena menghasilkan berbagai macam inovasi bahan makanan dan obat-obatan,” ujar Patricius.

drh. Ignatius Djuniarto, S.Kep., M.M.R. sebagai pembicara yang terakhir, membahas mengenai aplikasi ecoenzym untuk kesehatan. Dengan adanya aplikasi ecoenzym untuk kesehatan diharapkan dapat menjaga kesehatan masyarakat.

“Kita tidak bisa hidup sendiri. Status kesehatan kita dipengaruhi oleh orang-orang yang ada di sekitar kita. Hendaknya kita saling menjaga satu dengan yang lainnya,” ucap Ignatius. (*/jat)

1 Comment
  1. […] Baca Juga : Fakultas Teknobiologi UAJY Soroti Bahan Alam untuk Kesehatan […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.