Berita Nasional Terpercaya

Warga Seyegan Masih Antusias Ikuti Vaksinasi Massal

Bupati Sleman – 17 Agustus 2022
0

SLEMAN, BERNAS.ID – Yayasan Kiwari bekerjasama dengan Badan Intelijen Nasional (BIN), Polres Sleman, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman menggelar vaksin massal dengan menyasar warga Kapanewon Seyegan Sleman, Minggu (3/7). Ada 500 dosis vaksin yang disediakan untuk masyarakat umum.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman, Khamidah Yuliati mengatakan sasaran sekitar 500 warga untuk melayani dosis 1, dosis 2, booster, belum enam tahun, dan DO (Drop Out).

“DO itu Drop Out, artinya kalau dulu vaksin 1 pernah dapat, lalu enam bulan kemudian tidak dilanjutkan maka dia Drop Out. Dia harus mengulang dosis 1. Di Sleman jumlahnya tidak banyak,” tuturnya.

Baca Juga Pemda DIY Diminta Bertanggung Jawab Kelola Sampah Secara Profesional

Lanjut tambahnya, vaksin booster digencarkan bukan karena ada varian baru, yaitu BA.4 dan BA.5. Namun, yang sudah vaksin gejalanya akan jauh lebih ringan dibandingkan dengan yang belum lengkap atau tidak vaksin jika terpapar Covid-19.

“Untuk data, vaksin booster 37 persen lebih dan masih kurang jika dari target provinsi, yaitu 50 persen sampai bulan Juli. Untuk dosis 2, 94 persen dan dosis 1 sudah 101,2 persen,” imbuhnya.

Yuli mengatakan kenaikan konfirmasi positif Covid-19 beberapa hari terakhir, sebetulnya alamiah karena mobilitas naik, baik lokal dan luar negeri tanpa ada pemeriksaan. “Untuk itu, prokes harus tetap jalan bagi yang sakit dan yang ingin keluar tanpa prokes, harus benar-benar sehat. Duduk bersama, masker harus tetap digunakan,” ujarnya.

Baca Juga Polisi Ungkap Sindikat Curanmor Di Sleman

Suharmanto, Pembina Yayasan Kiwari Sleman mengatakan yayasannya merupakan lembaga sosial dan kemanusiaan sehingga harus ikut menyukseskan program vaksinasi untuk menyelamatkan banyak orang.

“Di sinilah letak kami untuk memposisikan dan bekerjasama dengan Pemerintah,” katanya.

Lanjut tambahnya, sasaran vaksinasi kali ini juga menyasar anggota Kiwari dengan sasaran utama, masyarakat umum. “Kami akan tetap membantu Pemerintah untuk menyukseskan vaksinasi,” ucapnya.

Panewu Seyegan, Yakti Yudanto mengatakan vaksinasi saat ini merupakan kebutuhan semua orang. Ia pun menginginkan seluruh warga Seyegan tervaksin seluruhnya.

“Harapan seluruh masyarakat di Kapanewon Seyegan bisa vaksin semua. Ini merupakan sebuah kebutuhan karena program Pemerintah yang harus disukseskan,” tuturnya.

Ia pun mengajak warga Seyegan yang sudah vaksin untuk mengajak warga lain yang masih belum divaksin. “Luar biasa kalau kita bisa mengajak tetangga, saudara, dan teman untuk vaksin agar ketika virus baru berkembang, kita dapat mengantisipasi,” pungkasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.