Berita Nasional Terpercaya

Warga Brunei Peminat Kopi Antusias Ikuti Promosi Kopi KBRI

1

BRUNEI, BERNAS.ID – Lebih dari seratus tamu tampak antusias menghadiri kegiatan promosi kopi Indonesia di KBRI Brunei untuk pertama kalinya, Sabtu (2/7). Bertema “My Kupi, My Indonesia”, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan berbagai jenis kopi dari berbagai wilayah di Indonesia kepada kalangan penikmat kopi di Brunei.

“Saat ini budaya minum kopi di Brunei terus berkembang, sehingga bisnis kafe juga semakin banyak ditemui. Untuk itu, diharapkan kegiatan ini dapat mendorong kolaborasi bisnis antara peminat bisnis kopi Brunei dengan suplier atau roastery asal Indonesia,” ujar Dubes RI, Dr Sujatmiko dalam sambutannya membuka acara tersebut.

Baca Juga Penembakan Dan Ledakan Bom Mewarnai Pilpres Filipina

Rangkaian acara dihadiri pejabat pemerintah setempat, kalangan diplomatik, pebisnis importir produk Indonesia, para pemilik kafe di Brunei, media, influencer, dan kalangan muda Brunei. KBRI mengajak serta enam kafe lokal untuk ikut mempromosikan kopi Indonesia pada sesi coffee tasting.

Kegiatan diawali dengan talkshow yang dibawakan oleh seorang ahli kopi warga Brunei sekaligus instruktur barista, M Fadhil Abubakar. Ia menceritakan tentang keunggulan cita rasa kopi Indonesia. Kemudian, acara dilanjutkan dengan pertunjukan kopi khop khas Aceh yang menyajikan kopi dengan gelas terbalik oleh The Cafe ataupun sesi coffee tasting, baik yang di-brew secara manual ataupun dengan mesin espresso.

Jenis kopi yang dipromosikan antara lain Arabika Gayo, Toba Aek Raja, Kamojang Honey Anaerob, Ijen Yellow Cattura, Bali Sudana, Toraja Kalosi, Malabar Cibercek, Fruit Bomb Puntang, yang diproduksi oleh beberapa kafe dan roastery kopi terpilih di Indonesia, antara lain Philocoffee, Amunisi Kopi, Madbottle, Commongrounds, Skynine, Mandiri Kopi dan Asosiasi Kopi Spesialti Indonesia (AKSI).

Setiap tamu terlihat antusias berdiskusi dan mencicipi kopi yang disajikan sesuai pilihan kekhasan taste dan notes yang ditawarkan. Sebagian orang tertarik dengan cita rasa light acidity dengan kombinasi notes kacang, karamel dan cokelat seperti kopi gayo. Lalu, ada yang tertarik dengan kekhasan aroma kopi Toraja, keunikan citrusy dan clean after-taste kopi Bali. Kemudian, ada juga yang menikmati cita rasa fruity manis dari kopi Jawa Barat atau rasa kuat/pekat yang khas dari kopi Ijen Jawa Timur.

Baca Juga : Militer Rusia Latihan Tembak Rudal Nuklir

Untuk mendampingi selama kegiatan tasting, dipertunjukkan penampilan Tari Pendet, Tari Indang, dan musik karaoke oleh para pengunjung. Sambil menikmati sajian kopi, disajikan pula makanan ala Indonesia, yaitu laksa, kue lapis singkong warna warni, bolen pisang keju, lemper, dan martabak telur.

Acara ditutup dengan gemufamire yang ditarikan bersama-sama dan setiap tamu dapat membawa pulang sampel kopi bubuk Indonesia. Kegiatan ini memperoleh dukungan dari Caffeine Roastery Lab, Pertanian Tropikal Utama, Sirna Enterprise, Sariayu Martha Tilaar, dan Syarikat Rajamas Bersama Sdn Bhd. (*/jat)

1 Comment
  1. […] Baca Juga : Warga Brunei Peminat Kopi Antusias Ikuti Promosi Kopi KBRI […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.