Berita Nasional Terpercaya

Tersangka Kasus Mahasiswa Perkosa Teman Mengakui Perbuatannya

Bupati Sleman – 17 Agustus 2022
1

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Pandu Qori Agiel, 23, mahasiswa asal Bantul, telah diringkus jajaran Polsek Umbulharjo, setelah melakukan pemerkosaan terhadap perempuan berinisial NSS, 26. Pandu kini dijerat Pasal 285 KUHP dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara.

Pandu yang mahasiswa salah satu perguruan tinggi swasta di Jogja, dituntut oleh korban agar diproses hukum. Tersangka sudah mengakui perbuatan tercelanya, sedangkan tahap kasus masih dalam penyelidikan saksi. Sebelum 50 hari sejak dilaporkan pada 25 Juni, kasus akan disidangkan.

Humas Polsek Umbulharjo Widodo Lestari menyebut proses Berita Acara Pemeriksaan (BAP) sudah selesai. “Baik pada tersangka maupun korban sudah selesai,” ujarnya, Selasa (5/7).

Dalam BAP tersebut, tersangka sudah mengakui perbuatan bejatnya.

Widodo menjelaskan maksimal 50 hari sejak pelaporan kasus tersebut akan masuk meja hijau. “Perkiraan akhir bulan ini sudah bisa masuk pengadilan, kami sudah koordinasi dengan kejaksaan juga,” jelasnya.

Baca juga: Mahasiswa Nekad Perkosa Temannya Agar Mau Dinikahi

Kanit Reskrim Polsek Umbulharjo Nuri Aryanto menjelaskan proses penyidikan kasus tersebut masih kurang penyidikan saksi. “Karena ada saksi dari pihak hostel sebagai TKP kasus dan saksi teman korban dan tersangka, tapi sudah kami panggil dan agendakan,” katanya, Selasa (5/7).

Baca juga: Biadab! Baru Berusia 8 Bulan, Bayi Ini Sudah Jadi Korban Pemerkosaan

Nuri menjelaskan dari dengan keterangan korban dan orang tuanya menghendaki untuk terus melanjutkan proses hukum. “Korban tetap meminta kami melanjutkan kasus hingga tersangka mendapat hukuman setimpal,” jelasnya.

Selain menunggu keterangan saksi, lanjut Nuri, pemeriksaan alat bukti juga terus dilakukan. “Kami juga menguji alat bukti dan mengembangkannya lagi untuk menguatkan dugaan perkosaan tersebut,” katanya.

Tersangka yang masih berstatus mahasiswa tersebut melakukan aksi tercelanya karena ingin menikahi korban. “Padahal korban tidak ada perasaan cinta dan keinginan untuk menikah dengan tersangka,” ujar Nuri. Atas aksi bejatnya tersebut, tersangka terancam dihukum 12 tahun penjara lewat dakwaan pasal 285 KUHP. (den)

1 Comment
  1. […] Baca juga: Tersangka Kasus Mahasiswa Perkosa Teman Mengakui Perbuatannya […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.