Berita Nasional Terpercaya

Kapal China Masuki Laut Teritorial Jepang, 81 Hari Berturut-turut

Bupati Sleman – 17 Agustus 2022
0

JEPANG, BERNAS.ID – Penjaga pantai Jepang melaporkan penampakan kapal China di dekat daerah sengketa telah berlangsung selama 81 hari berturut-turut. Pada hari Selasa (5/7), dua kapal penjaga pantai China memasuki laut teritorial Jepang di dekat Kepulauan Diaoyu/Senkaku yang jadi sengketa kedua negara.

Insiden terjadi pada pukul 04.35 pagi waktu setempat. Kemudian, Jepang mengerahkan kapal patroli untuk mengusir dua kapal China agar keluar dari teritorialnya.

Baca Juga Penembakan Dan Ledakan Bom Mewarnai Pilpres Filipina

Menteri Luar Negeri, Yoshimasa Hayashi mengatakan Pemerintah Jepang telah mengirim protes serius ke China lewat jalur diplomatik. Ia juga mengatakan tindakan kedua kapal China tersebut pelanggaran hukum internasional.

South China Morning Post memberitakan kejadian insiden itu berlangsung sehari setelah satu kapal angkatan laut China mengejar satu kapal perang Rusia agar pergi dari kepulauan. Senin (4/7), pukul 07.44 pagi waktu setempat, satu kapal fregat China sempat mengejar satu kapal perang Rusia dari kepulauan itu.

Menurut keterangan seorang pejabat Kementerian Pertahanan Jepang, kapal Rusia berada di perairan itu selama satu jam dan tampaknya sedang berupaya menghindari topan.

Baca Juga Militer Rusia Latihan Tembak Rudal Nuklir

Dari insiden pengejaran itu, kata pejabat itu, China tampak berupaya menunjukkan mereka sedang berpatroli dalam teritori mereka. Jepang menilai tindakan tersebut sebagai cara China untuk menunjukkan klaim teritorial atas Kepulauan Diaoyu/Senkaku.

Diketahui, Kepulauan Diaoyu/Senkaku menjadi isu panas antara pemerintah Jepang dengan China. China pun tetap menempatkan kapal mereka di perairan dekat kepulauan sengketa itu meski Tokyo terus memprotes tindakan Beijing. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.