Berita Nasional Terpercaya

Tiga Tokoh Masyarakat Sepakat Insiden Babarsari Selesai

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Tiga tokoh masyarakat atau sesepuh perwakilan dari warga Maluku, NTT dan Papua di Yogyakarta bertemu di Polda DIY untuk melaksanakan mediasi terkait insiden kekerasan dan rusuh di Babarsari beberapa hari lalu, Rabu (6/7). Perwakilan para tokoh diterima Kapolda DIY Irjen Polisi Asep Suhendar beserta pejabat utama Polda DIY di Ruang Kerja Kapolda.

Baca Juga Polisi Ungkap Sindikat Curanmor Di Sleman

Setelah para tokoh berdiskusi dengan Kapolda, Kabid Humas Polda DIY, Kombes Pol Yuliyanto mengatakan Kapolda DIY meminta masing-masing pihak untuk mengambil sikap perdamaian alias cooling down. Ia pun meminta ketiga pihak untuk mempercayakan penanganan kasusnya kepada Polda DIY.

“Kita semua sepakat untuk menyerahkan sepenuhnya penanganan kasus kepada Polda DIY. Semua pihak diminta menahan diri dan mempercayakan sepenuhnya kepada aparat,” tuturnya.

John S Keban, tokoh perwakilan NTT mengapresiasi kepada Polda DIY karena mengupayakan mediasi kepada tiga kelompok suku yang terlibat perseteruan. “Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak Kapolda karena meluangkan waktu untuk menerima kami dan berdiskusi tentang persoalan yang terjadi. Bagi kami, persoalan ini akhirnya selesai,” tuturnya.

Baca Juga Militer Rusia Latihan Tembak Rudal Nuklir

Jacky Latuperissa, tokoh perwakilan masyarakat Ambon atau Maluku mengatakan semua pihak telah sepakat untuk menjaga situasi kondusif dan kenyamanan Yogyakarta. “Kita semua sudah bertemu dengan Bapak Kapolda dan semuanya sudah selesai. Kami ingin mempertahankan Yogyakarta sebagai Kota Pendidikan, Kota Budaya dan tetap istimewa,” ujarnya.

Ia pun telah meminta kelompok masyarakat Ambon di Yogyakarta untuk menjaga suasana kondusif yang selama ini tercipta.

Dirreskrimum Polda DIY, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi mengatakan, Polda DIY akan menangani kasus yang terjadi sesuai ketentuan sehingga masing-masing pihak yang terlibat akan diproses secara hukum.  “Masing-masing pihak proaktif membantu Polda DIY untuk percepatan penangan kasusnya,” tuturnya.

Adapun Tokoh Masyarakat Indonesia Timur yang saat itu hadir antara lain Drs John S Keban (NTT), Daniel Damaledo, SE, MA (NTT), Hillarius Ngaji Merro, SH (NTT), Dr Jacky Latupeirissa MA, (Maluku), Kristovel, SE (Maluku), Pendeta Beny Dimara (Papua) dan Renaldy (Papua). (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.