Berita Nasional Terpercaya

Begini Tampang Mas Bechi Saat Diperiksa Kesehatan Usai Serahkan Diri ke Polisi

Bupati Sleman – 17 Agustus 2022
1

SURABAYA, BERNAS.ID – Moch Subchi Azal Tsani (MSAT) alias Mas Bechi (42) DPO kasus pencabulan santriwati di Jombang menyerahkan diri ke polisi. Usai menyerahkan diri, Mas Bechi dibawa ke Polda Jawa Timur (Jatim).

Upaya penjemputan paksa Mas Bechi sempat gagal karena dihalangi oleh ayahnya, Kiai Mukhtar Mukti yang juga pimpinan Pondok Pesantren Shidiqqiyyah Ploso, Jombang, Jawa Timur. Setelah 16 jam upaya penjemputan paksa tak membuahkan hasil, Mas Bechi akhirnya menyerahkan diri ke polisi.

Baca juga: Begini Kronologi Terungkapnya Kasus 12 Santriwati Diperkosa Guru, Satu Korban Pulang Kampung Dalam Keadaan Hamil

Mas Bechi menyerahkan diri Kamis (7/7) malam pukul 23.00 WIB. Proses pencarian Mas Bechi di Ponpes milik ayahnya itu berlangsung sejak Kamis (7/7) pukul 07.00 WIB.

Baca juga: Pengasuh Ponpes Di Banyuwangi Perkosa Dan Cabuli 6 Santriwatinya

Ada sekitar 20 mobil dalam iring-iringan membawa Mas Bechi ke Mapolda Jatim dengan dikawal sekitar 4 mobil patroli pengawalan.Tidak terlihat jelas di mobil mana Mas Bechi berada.

Rombongan mobil itu didominasi mobil Mitsubishi Pajero warna hitam dan Toyota Innova reborn. Gedung Mahameru sendiri dikawal proovost dan petugas kepolisian berseragam lengkap dan sebagian tidak berseragam.

Polisi Periksa Kesehatan Mas Bechi

Setibanya di Mapolda Jatim, Jumat (8/7) dini hari pukul 00.55 WIB, Mas Bechi langsung diperiksa kesehatannya. Mas Bechi terlihat duduk di kursi menggunakan baju serba hitam. Tangan kiri Mas Bechi dipasangi alat pemeriksa tensi darah.

Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta  menuturkan pemeriksaan kesehatan Mas Bechi dilakukan oleh tim Dokkes Polda Jatim. Saat diperiksa kesehatan Mas Bechi terlihat memejamkan mata.

“Oleh tim Dokkes Polda Jatim,” ujarnya.

Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan sebagai prosedur polisi terhadap tersangka sebelum dimasukkan ke sel. Tersangka harus dinyatakan sehat sebelum ditahan polisi.

Polisi Periksa Sidik Jari Mas Bechi

Selain melakukan pemeriksaan kesehatan, polisi juga memeriksa sidik jari Mas Bechi. Pemeriksaan dilakukan guna memastikan bahwa yang ditangkap adalah Moch Subchi Azal Tsani (MSAT) alias Mas Bechi.

Mas Bechi dibawa ke Mapolda Jatim tanpa didampingi ayah dan ibunya. Meski begitu, ayah dan ibunya diperkenankan untuk melihat Bechi di Polda Jatim.

“Kami tidak membawa Ibu Nyai dan Pak Kiai. Tapi kami perkenankan beliau berdua untuk melihat anaknya,” kata Irjen Nico Afinta kepada wartawan, Kamis (7/7).

Latar Belakang Kasus

Mas Bechi merupakan pria kelahiran Jombang, 20 Juni 1980. Dia adalah guru sekaligus wakil rektor pesantren Shiddiqiyyah Ploso, Jombang.

Polisi menerbitkan DPO untuk Mas Bechi sejak tahun lalu. Fotonya sudah tersebar di berbagai lini media sosial.

Kasusnya mengemuka setelah santriwati di salah satu ponpes Ploso itu melaporkan Mas Bechi ke Polres Jombang. Santriwati itu mengaku dicabuli oleh Mas Bechi pada pertengahan tahun 2017.

Mas Bechi ini tak lain adalah anak seorang kiai pengurus ponpes itu KH Muhammad Mukhtar Mukti. Kasus dugaan asusila ini kemudian diambil alih oleh Polda Jatim dari Polres Jombang.

Mas Bechi kemudian dijadwalkan diperiksa sejak Desember 2019. Dua kali dipanggil, Mas Bechi tak kunjung datang. Mas Bechi pada tahun 2020 dalam kasus ini sudah ditetapkan sebagai tersangka, namun baru ditahan sekarang. (den)

1 Comment
  1. […] Baca juga: Begini Tampang Mas Bechi Saat Diperiksa Kesehatan Usai Serahkan Diri Ke Polisi […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.